This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Nasyor, Hilmy Shalahudin (2024) Optimalisasi infografis sebagai media komunikasi visual dalam pembelajaran zakat di SMPN 22 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Hilmy Shalahudin Nasyor_06010120008 full.pdf Restricted to Repository staff only until 28 April 2028. Download (5MB) |
![]() |
Text
Hilmy Shalahudin Nasyor_06010120008.pdf Download (5MB) |
Abstract
Dalam penyampaian zakat, seringkali dianggap kurang menarik dan cenderung kering bagi siswa. Dampaknya, minat terhadap pembelajaran zakat dapat menurun, dan pemahaman siswa tentang pentingnya praktik zakat dalam kehidupan sehari-hari mereka bisa terhambat. Salah satu metode yang efektif untuk mengajarkan zakat kepada siswa di SMPN 22 Surabaya adalah melalui penggunaan media komunikasi visual, terutama infografis. Infografis bisa menjadi alat yang efektif untuk mengatasi kekakuan materi dan meningkatkan daya tarik pembelajaran. Pada penelitian ini ada 3 masalah yang diajukan: 1). Bagaimana penerapan infografis sebagai media komunikasi visual dalam pembelajaran zakat di SMPN 22 Surabaya? 2). Bagaimana faktor yang mendukung dan menghambat infografis sebagai media komunikasi visual di SMPN 22 Surabaya terhadap materi zakat? 3). Bagaimana optimalisasi infografis sebagai media komunikasi visual dalam pembelajaran zakat di SMPN 22 Surabaya?. Untuk menjawab permasalahan yang telah diuraikan, dilakukan pengumpulan data kualitatif di SMPN 22 Surabaya melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terhimpun kemudian dianalisis menggunakan model analisis interaktif, yang melibatkan langkah-langkah seperti reduksi data, penyajian data, dan pemaparan kesimpulan. Temuan dari analisis tersebut kemudian disajikan secara naratif dalam laporan penelitian skripsi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1). Dalam konteks pembelajaran zakat, infografis memanfaatkan teks dan elemen visual seperti grafik, diagram, dan ikon untuk mengilustrasikan konsep-konsep zakat. Misalnya, infografis dapat menyajikan definisi zakat dan contoh-contoh harta yang wajib dizakati secara visual. Penggunaan infografis memungkinkan informasi tentang zakat disampaikan dengan lebih efektif karena audiens dapat memproses informasi melalui kedua saluran, verbal dan visual. Grafik batang yang menampilkan persentase zakat dari berbagai jenis harta, misalnya, membantu pembelajar untuk memahami proporsi zakat secara visual. Selain itu, infografis yang memadukan teks dengan elemen visual yang menarik juga membantu pembelajar untuk mengingat informasi yang disampaikan dengan lebih baik.. 2). Faktor pendukung infografis dalam pembelajaran zakat adalah infografis menyajikan informasi kompleks tentang zakat secara visual yang memudahkan pemahaman siswa, kecenderungan siswa untuk berinteraksi dengan teknologi dan media visual membuat penggunaan infografis menjadi relevan, dan keberadaan teknologi yang memudahkan pembuatan dan akses terhadap infografis memungkinkan guru untuk menghasilkan materi pembelajaran yang dinamis dan menarik,. Faktor penghambat yang ditemukan antara lain kurangnya kemampuan beberapa guru dalam menggunakan teknologi yang tersedia di sekolah, kurangnya kesadaran guru terhadap pentingnya visualisasi informasi dalam proses belajar, sehingga mereka tidak menggunakan inovasi media visual secara efektif, dan adanya beberapa teknologi penunjang yang tidak berfungsi 3). Untuk mengoptimalkan penggunaan infografis sebagai media komunikasi visual dalam pembelajaran zakat di SMPN 22 Surabaya adalah dengan mengidentifikasi secara tepat kebutuhan pembelajaran dan karakteristik siswa, sehingga infografis dapat disesuaikan dengan baik. Kemudian, guru perlu melakukan kurasi konten infografis yang relevan dengan materi pembelajaran zakat, memilih informasi yang paling penting dan sesuai dengan kurikulum sekolah.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Komunikasi Pendidikan > Media Zakat |
||||||||||||
Keywords: | Infografis; media komunikasi visual; pembelajaran zakat | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Hilmy Shalahudin Nasyor | ||||||||||||
Date Deposited: | 28 Apr 2025 04:38 | ||||||||||||
Last Modified: | 28 Apr 2025 04:38 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/79746 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |