This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Maharani, Nabilah Sathya (2025) Pengaruh disposisi matematis dan kecerdasan numerik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas XI di MAN I Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Nabilah Sathya Maharani_06010421019 full.pdf Restricted to Repository staff only until 29 April 2028. Download (5MB) |
![]() |
Text
Nabilah Sathya Maharani_06010421019.pdf Download (5MB) |
Abstract
Secara teoritis, kemampuan pemecahan masalah matematis yang dimiliki oleh siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor, di antaranya kecerdasan numerik dan disposisi matematis. Kecerdasan numerik mencerminkan kapasitas siswa dalam memahami, menganalisis, serta memanipulasi konsep dan hubungan numerik, sedangkan disposisi matematis berkaitan dengan sikap, keyakinan, serta ketekunan siswa dalam menghadapi tantangan matematis. Oleh karena itu, upaya penguatan kedua aspek tersebut menjadi krusial dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara disposisi matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas XI di MAN 1 Lamongan? (2) Apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan numerik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas XI di MAN 1 Lamongan? (3) Apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara disposisi matematis dan kecerdasan numerik secara simultan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas XI di MAN 1 Lamongan?. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini mencakup seluruh siswa kelas XI di MAN 1 Lamongan, sedangkan sampel yang digunakan terdiri dari siswa kelas XI MIPA 6 sebanyak 34 siswa dan XI MIPA 7 sebanyak 32 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi tes tertulis dan angket. Data yang diperoleh dari hasil tes dan angket dianalisis melalui uji normalitas menggunakan metode Shapiro-Wilk untuk menentukan distribusi data, sebelum selanjutnya dianalisis menggunakan uji regresi guna melihat pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kecerdasan numerik berpengaruh signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis, (2) disposisi matematis berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis, dan (3) kecerdasan numerik dan disposisi matematis berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Matematika Pendidikan Pendidikan > Perilaku |
||||||||||||
Keywords: | Disposisi matematis; kecerdasan numerik; pemecahan matematis; siswa kelas XI | ||||||||||||
Depositing User: | Nabilah Sathya Maharani | ||||||||||||
Date Deposited: | 29 Apr 2025 02:33 | ||||||||||||
Last Modified: | 29 Apr 2025 02:33 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/79819 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |