This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Islamiyah, Nurul (2025) (Powtoon) تطوير الوسيلة فوتون في تعليم اللغة العربية لترقية مهارة الاستماع والكلام لتلاميذ الفصل الخامس في مدرسة إحياء العلوم الإبتدائية دوكون كرسيك. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Nurul Islamiyah_02040923017.pdf Download (9MB) |
![]() |
Text
Nurul Islamiyah_02040923017_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 2 May 2028. Download (9MB) |
Abstract
Beragam upaya yang dilakukan untuk mengelola pembelajaran Bahasa Arab, dengan media pembelajaran menjadi salah satu elemen penting dalam mencapai tujuan pembelajaran tersebut. Media pembelajaran berperan dalam membuat proses belajar menjadi lebih menarik dan menyenangkan. Saat ini, media pembelajaran tidak hanya berupa alat manual, tetapi juga tersedia dalam bentuk berbasis web atau aplikasi yang lebih modern. Salah satu platform berbasis web yang mendukung pembelajaran adalah Powtoon. Platform ini memungkinkan pengguna untuk mengumpulkan, menyimpan, dan berbagi konten dalam bentuk koleksi, yang dapat diperbarui dan disesuaikan berdasarkan umpan balik pengguna serta perkembangan teknologi terkini. Hal ini memastikan bahwa platform tetap relevan dan bermanfaat, khususnya bagi siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ihyaul Ulum Dukun Gresik dalam mengembangkan keterampilan menyimak dan berbicara. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan desain pengembangan media pembelajaran Powtoon yang dapat meningkatkan keterampilan Istima' wa Kalam pada siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ihyaul Ulum Dukun Gresik serta memberikan efektivitas penerapan media pembelajaran tersebut. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (RnD) dengan model ADDIE. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, angket, dokumentasi, wawancara, dan tes. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, analisis validitas, dan analisis efektivitas. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Desain media pembelajaran yang dikembangkan didasarkan pada kebutuhan dan karakteristik siswa, permasalahan yang dihadapi, serta ketersediaan sarana dan prasarana. Penilaian ahli media menunjukkan skor 81,5% dengan kategori “baik,” sementara ahli materi memberikan skor 81,9% dengan kategori yang sama. 2) Uji efektivitas menggunakan metode Mann-Whitney U menghasilkan nilai 0,000, yang menyatakan bahwa media pembelajaran Powtoon efektif digunakan
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran Bahasa Arab > Tata Bahasa |
||||||||||||
Keywords: | Pengembangan; media pembelajaran; Powtoon; Bahasa Arab; keterampilan; menyimak dan berbicara | ||||||||||||
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||||||
Depositing User: | Nurul Islamiyah | ||||||||||||
Date Deposited: | 02 May 2025 07:53 | ||||||||||||
Last Modified: | 02 May 2025 08:18 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/79977 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |