Pengembangan media pembelajaran video animasi berbasis powtoon dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas 5 pada mata pelajaran IPA di MI Darul Mutaallimin Nganjuk

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sukthoniyah, Imroatus (2024) Pengembangan media pembelajaran video animasi berbasis powtoon dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas 5 pada mata pelajaran IPA di MI Darul Mutaallimin Nganjuk. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Imroatus Sulthoniyah_02041020006.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Imroatus Sulthoniyah_02041020006_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 May 2028.

Download (4MB)

Abstract

Siswa perlu mempersiapkan diri dengan keterampilan berpikir kritis untuk menyelesaikan masalah. Pada pembelajaran IPA, kemampuan berpikir kritis sangat diperlukan, mengingat bahwa IPA merupakan pembelajaran yang berkaitan dengan mencari tahu bagaimana fenomena yang terjadi di alam secara sistematis. Namun, dalam proses pembelajaran IPA, sering ditemui guru hanya fokus memberikan penjelasan singkat mengenai konsep dan substansi materi IPA, kurang mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswanya, dan masih terbatasnya penggunaan media pembelajaran sehingga kurang menarik perhatian siswa, ini mempengaruhi motivasi belajar siswa. Maka, peneliti membuat produk media pembelajaran video animasi. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan desain pengembangan media video animasi berbasis powtoon, mendeskripsikan kelayakan media video animasi berbasis powtoon, dan menjelaskan keefektifan pengembangan media video animasi berbasis powtoon dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPA siswa kelas 5 MI Darul Mutaallimin Nganjuk. Jenis penelitian ini adalah Research and Deelopment dengan menggunakan model ADDIE sebagai pedoman dalam proses pengembangan, yang mana di dalamnya terdapat lima tahap yakni analyze, design, deelopment, implementation, dan evaluation. Subjek dalam penelitian ini adalah 42 siswa kelas 5 di MI Darul Mutaallimin Nganjuk, yang terbagi menjadi 22 kelompok eksperimen dan 20 kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Desain uji coba menggunakan pretest-posttest control group design. Data yang telah dikumpulkan dianalisis menggunakan statistik kualitatif deskriptif, analisis validitas, dan analisis efektifitas. Hasil penelitian ini adalah desain video animasi telah menyesuaikan karakteristik siswa serta permasalahan yang terjadi di lapangan. Kelayakan media video animasi diperoleh dari hasil validasi dengan persentase tingkat kelayakan dari ahli desain 89,58% termasuk kriteria sangat layak, ahli materi sebesar 92,5% termasuk kriteria sangat layak, ahli pembelajaran sebesar 87,5% termasuk kriteria sangat layak, dapat disimpulkan bahwa video animasi berbasis powtoon, termasuk kriteria sangat layak. Efektifitas penggunaan media video animasi dianalisis menggunakan teknik analisis paired sample t-test yaitu 0,000 artinya terdapat efektifitas dan teknik analisis independent sample t-test yaitu 0,000 artinya terdapat perbedaan signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sukthoniyah, Imroatusimroasulthon@gmail.com02041020006
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNadlir, Nadlirnadlir@uinsa.ac.id2022076802
Thesis advisorAliwafa, Aliwafaaliwafa@uinsa.ac.id2029016802
Subjects: Guru
Motivasi Belajar
Keywords: Pengembangan media video animasi; berpikir kritis; pembelajaran IPA
Divisions: Program Magister > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Imroatus Sulthoniyah
Date Deposited: 07 May 2025 02:34
Last Modified: 07 May 2025 02:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/80124

Actions (login required)

View Item View Item