This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Wijaya, Dwiki Hari (2025) Pengembangan media pembelajaran berbasis quick respone code mengggunakan model flipped classroom pada Mata Pelajaran PAI di SDI Tanbihul Ghofilin Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Dwiki Hari Wijaya_02040822020 full.pdf Restricted to Repository staff only until 8 May 2028. Download (6MB) |
![]() |
Text
Dwiki Hari Wijaya_02040822020.pdf Download (6MB) |
Abstract
QR Code dalam penelitian ini dapat digunakan sebagai media yang bisa akses langsung ke materi pembelajaran tambahan yang dapat diakses oleh siswa melalui perangkat elektronik kapanpun dan dimanapun. Sementara itu, model Flipped Classroom mengharuskan siswa untuk mempelajari materi di rumah sehingga waktu di kelas dapat lebih fokus pada diskusi dan pemahaman konsep yang lebih mendalam. Tujuan utama dari penelitian ini adalah meningkatkan efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SDI Tanbihul Ghofilin Surabaya melalui pemanfaatan teknologi QR Code dan penerapan model Flipped Classroom. Rumusan masalah yang dipilih adalah tentang bagaimana pengembangan media pembelajaran berbasis QR Code dapat disusun dan diterapkan secara efektif dengan menggunakan model Flipped Classroom. Metode penelitian ini melibatkan proses pengembangan media pembelajaran yang melibatkan analisis kebutuhan, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi (ADDIE). Proses ini dirancang untuk memastikan ketersesuaian media pembelajaran dengan kebutuhan siswa dan tujuan pembelajaran. Selain itu, penelitian ini juga menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif untuk mengukur tingkat keefektifan media pembelajaran yang dikembangkan dan dampak penerapan model Flipped Classroom terhadap hasil pembelajaran siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran berbasis QR Code dengan model Flipped Classroom pada mata pelajaran PAI di SDI Tanbihul Ghofilin Surabaya berhasil meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran. Selain itu, terdapat peningkatan partisipasi siswa dalam diskusi kelas dan interaksi aktif dengan materi pembelajaran. Hasil positif ini dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI di tingkat SD, terutama dalam konteks penerapan teknologi informasi untuk mendukung proses pembelajaran.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Manajemen Pendidikan Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem Problem Based Instruction |
||||||||||||
Keywords: | Pengembangan; QR Code; flipped classroom; PAI | ||||||||||||
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | M.pd Dwiki Hari Wijaya | ||||||||||||
Date Deposited: | 08 May 2025 07:43 | ||||||||||||
Last Modified: | 08 May 2025 07:43 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/80126 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |