This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Labibah, Saniyyah (2024) Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam mencegah dampak negatif media sosial pada siswa SMPN 1 Sekaran. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Saniyyah Labibah_06020120049.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Saniyyah Labibah_06020120049_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 19 May 2028. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan dan dampak negatif media sosial pada siswa SMP Negeri 1 Sekaran? Bagaimana strategi guru PAI dalam mencegah dampak negatif media sosial pada siswa SMP Negeri 1 Sekaran? Apa saja hambatan guru pendidikan agama islam dalam mencegah dampak negatif media sosial pada siswa SMP Negeri 1 Sekaran?Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif serta jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (field research). Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kondensasi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan teknik. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa: 1) Penggunaan media sosial pada kalangan siswa SMP Negeri 1 Sekaran sangatlah intens, media sosial ikut andil dalam kegiatan sehari-hari para siswa. Media sosial bagi siswa SMP Negeri 1 Sekaran juga memudahkan siswa untuk berkomunikasi dengan teman, guru, dan kelompok belajar di luar jam sekolah. Akan tetapi tidak semua siswa SMP Negeri 1 Sekaran menggunakan media sosial dengan baik. Oleh karena itu penggunaan media sosial menimbulkan beberapa dampak negatif. Dampak negatif penggunaan media sosial pada siswa SMP Negeri 1 Sekaran yang sering terjadi ada tiga yaitu melihat konten yang tidak pantas (negatif) berupa video atau gambar yang mengandung unsur negatif seperti video pornografi atau video yang dapat merusak moral, pengaruh perilaku buruk seperti kurangnya budaya malu, merokok dan yang sedang marak terjadi yaitu perjuan online dan kecanduan bermain media sosial sehingga menghambat waktu siswa untuk belajar. 2) Strategi guru pendidikan agama islam dalam mencegah dampak negatif media sosial pada siswa SMP Negeri 1 Sekaran adalah dengan melakukan pendekatan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana keseharian para siswa dalam menggunakan media sosial untuk melakukan pencegahan dampak negatif, selanjutnya melakukan pemeriksaan pada media sosial para siswa dan memberikan arahan bagaimana menggunakan media sosial yang baik. 3) Hambatan guru pendidikan agama islam dalam mencegah dampak negatif media sosial pada siswa SMP Negeri 1 Sekaran adalah kurangnya dukungan orang tua siswa yang tidak peduli akan dampak negatif media sosial. Namun guru pendidikan agama islam selalu berusaha memberikan arahan kepada orang tua siswa untuk mengawasi anak-anak mereka apabila berada dirumah terutama dalam hal mengawasi penggunaan media sosial, hambatan selanjutnya muncul dari faktor eksternal yaitu pengaruh lingkungan sekitar. Lingkungan sekitar memberikan pengaruh yang sangat luar biasa terhadap perubahan tingkah laku anak.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Akhlak > Akhlak Tercela Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Media |
||||||||||||
Keywords: | Peran Guru PAI; media sosial; dampak negatif | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Saniyyah Labibah | ||||||||||||
Date Deposited: | 19 May 2025 02:55 | ||||||||||||
Last Modified: | 19 May 2025 02:56 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/80297 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |