This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Roidah, Siti (2007) Dirasah an al alaqah bain raghabah al talamidz fi taallim ilmu al nahwu wa al sharaf wa maharah al qiraah lil talamidz fi Madrasah Nurul Huda Tsanawiyah Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
D02302002 Siti Roidah 2007 ok.pdf Download (8MB) |
Abstract
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menuntut terciptanya masyarakat yang gemar belajar. Proses belajar yang efektif antara lain dilakukan melalui membaca. Masyarakat yang gemar membaca memperoleh pengetahuan dan wawasan baru yang akan semakin meningkatkan kecerdasannya sehingga mereka lebih mampu menjawab tantangan hidup pada masa akan datang. Untuk dapat membaca dan memahami sebuah bacaan seseorang harus dapat menguasai qoidah-qoidah bahasa diantaranya ilmu nahwu dan sharaf. Dalam belajar sesuatu seseorang harus mempunyai minat. Begitu juga dengan belajar ilmu nahwu dan sharaf. Minat besar pengaruhnya terhadap belajar, karena bila bahan pelajaran yang dipelajari tidak sesuai dengan minat siswa , siswa tidak akan belajar dengan sebaik-baiknya. Begitu juga sebaliknya jika siswa mempunyai minat yang besar niscaya sesuatu itu akan berhasil. Jika terdapat siswa yang kurang benninat terhadap belajar, dapat diusahakan agar ia mempunyai minat yang besar dengan cara menjelaskan hal yang menarik dan bcrguna bagi kehidupan yang terkait dengan bahan pelajaran. Peneliti menulis masalah tersebut, dengan rincian permasalahan sebagai berikut : 1. Bagaimana minat siswa terhadap belajar llmu Nahwu atau Sharaf di SMA Terpadu YPP Nurul Huda Surabaya. 2. Bagaimana kemampuan siswa dalam membaca kitab berbahasa arab di SMA Terpadu YPP Nurul Huda Surabaya. 3. Apakah terdapat hubungan antara minat siswa belajar Nahwu Sharaf terhadap kemampuan membaca di SMA Terpadu YPP Nurul Huda Surabaya. 4. Sejauh mana hubungan antara minat siswa belajar Nahwu Sharaf terhadap kemampuan membaca di SMA Terpadu YPP Nurul Huda Surabaya. Dal am penelitian ini terdapat dua variabel yakni Minat siswa terhadap belajar bahasa arab sebagai variabel X dan ketrampilan membaca sebagai variabel Y, dan metode yang digunakan peneliti dalam mamperoleh data-data tersebut adalah dokumentasi, observasi, angket, wawancara dan tes. Adapun teknik analisa yang digunakan peneliti adalah kuantitatif dengan menggunakan rumus mean dan korelasi phi. Setelah mengadakan penelitian dan menganalisanya, rnaka pene!iti dapat menyimpulkan bahwasanya terdapat hubungan antara minat siswa belajar Nahwu Sharaf terhadap kemampuan membaca kitab berbahasa arab di SMA tcrpadu YPP Nurul Huda Surabaya, hal ini terbukti dengan hasil 0,445. Maka rnenunjukan bahwasanya hubungan antara keduanya adalah sedang.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Bahasa Arab > Tata Bahasa | ||||||||
Keywords: | Nahwu Sharaf | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||||
Date Deposited: | 16 May 2025 03:39 | ||||||||
Last Modified: | 16 May 2025 03:39 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/80348 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |