Proses belajar mengajar Bahasa Arab di SMP Al Hikmah Full Day School Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Indrawati, Wiwin (2007) Proses belajar mengajar Bahasa Arab di SMP Al Hikmah Full Day School Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
D02302005 Wiwin Indrawati 2007 ok.pdf

Download (14MB)

Abstract

Skripsi ini diangkat dengan judul "Proses Belajar Mengajar Bahasa Arab di SMP Al­ Hikrnah Full Day School Surabaya". Adapun hat yang melatarbelakangi penulis mengambil judul ini karena Bahasa Arab memiliki peranan penting bagi kita terutama bagi guru Bahasa Arab. Peneliti menulis masalah tersebut, dengan rincian permasalahan sebagai berikut: I. Bagaimana proses belajar mengajar bahasa arab di SMP "Al­Hikrnah" fall day scholl Surabaya. 2. Bagaimana tanggapan siswa tentang proses belajar mengajar bahasa arab di SMP "Al-Hikmah"fall day scho/1 Surabaya. 3. Masalah apa yang di hadapi dalam proses belajar mengajar bahasa arab di SMP "Al­Hikmah" fall day scholl Surabaya. 4. Bagaimana solusi dari masalah yang dihadapi dalam proses belajar mengajar bahasa arab di SMP "Al­Hikmah" fall day scholl Surabaya. Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui Proses Belajar Mengajar (PBM) Bahasa Arab di sekolah ini,selain itu untuk mengetahui komponen-kornponen PBM diantaranya tujuan,materi,metode,media,evaluasi dari PBM Bahasa Arab,serta untuk mengetahui rnasalah apa yang dihadapi guru ketika PBM bahasa arab disekolah tersebut. Skripsi ini merupakan penelitian Diskriptif Kwalitatif dan Kwantitatif dengan menggunakan prosentase untuk mendapatkan data­data yang berhubungan dengan pembahasan diatas,maka penulis menggunakan metode observasi,wawancara,dokumentasi,angket. Setelah mendapatkan data penulis menganalisis sesuai dengan jenis data. Dari hasil penelitian diketahui bahwa PBM bahasa arab di sekolah ini berjalan sempurna,karena di dalamnya sudah ada kornponen­komponen PBM. Tetapi dilihat dari segi waktu terdapat kekurangau yaitu 2 kali dalam satu minggu dengan durasi 2 jam perhari. Sehingga dimungkinkan siswa tidak menguasai materi yang ada dengan sempuma serta melihat latar belakang murid yang berbeda­beda. Problematika pembelajaran BA di sekolah ini yang dihadapi oleh seorang guru antara lain kemampuan siswa yang tidak merata,motivasi yang rendah,kurangnya lingkungan dan sarana yang mendukung.Usaha yang dilakukan sekolah untuk rnengatasi rnnsalah tcrscbut dcngan mcmbcriknn Program Remidi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Indrawati, WiwinUNSPECIFIEDD02302005
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMudlofir, Alimudlofir_ali@yahoo.com2016116301
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Proses belajar mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 16 May 2025 07:42
Last Modified: 16 May 2025 07:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/80361

Actions (login required)

View Item View Item