This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Mahfudloh, Filla Apriliani (2025) Pengaruh pengetahuan produk, social media marketing, dan lokasi terhadap minat menabung generasi Z di Kecamatan Solokuro Kabupaten Lamongan di Bank Syariah Indonesia. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Filla Apriliani Mahfudloh_08020421055 full.pdf Restricted to Repository staff only until 26 May 2028. Download (3MB) |
![]() |
Text
Filla Apriliani Mahfudloh_08020421055.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji faktor-faktor yang memengaruhi minat menabung di Bank Syariah Indonesia (BSI) pada generasi Z di Kecamatan Solokuro, Kabupaten Lamongan, dengan fokus pada pengaruh pengetahuan produk, pemasaran media sosial, dan lokasi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tantangan perbankan syariah dalam meningkatkan inklusi keuangan di kalangan generasi muda yang lebih familiar dengan sistem perbankan konvensional, terutama di daerah pedesaan. Studi ini dilakukan untuk mengkaji dampak dari pengetahuan mengenai produk, strategi social media marketing, dan letak geografis, baik secara terpisah maupun kolektif, terhadap minat menabung generasi Z di BSI. Adapun metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Peneliti memilih 100 responden secara acak untuk berpartisipasi dalam pengisian kuesioner. Analisis data dilakukan dengan metode regresi linear berganda, dengan memanfaatkan aplikasi SPSS 25. Hasil yang ditemukan mengindikasikan bahwa pengetahuan produk dan lokasi menunjukkan adanya dominan utama yang memngaruhi minat menabung. Namun, social media marketing justru berpengaruh negatif, mengindikasikan bahwa strategi pemasaran digital yang diterapkan belum efektif atau tidak sesuai dengan preferensi generasi Z. Secara serentak, ketiga variabel dalam penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh terhadap minat menabung di BSI. Bank Syariah Indonesia perlu meningkatkan literasi keuangan syariah untuk memperkuat pemahaman masyarakat, serta mengoptimalkan strategi pemasaran yang lebih efektif dalam menjangkau generasi muda. Akses fisik ke kantor cabang juga tetap menjadi pertimbangan penting bagi masyarakat dalam memilih bank syariah.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Ekonomi Internet Pemasaran |
||||||||
Keywords: | Produk; social media; marketing; minat menabung; generasi Z | ||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah | ||||||||
Depositing User: | Filla Apriliani Mahfudloh | ||||||||
Date Deposited: | 26 May 2025 07:52 | ||||||||
Last Modified: | 26 May 2025 07:52 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/80431 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |