This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Anis, Nur Ainiyah (2006) Pengaruh latar belakang Pendidikan Bahasa Arab Siswa terhadap kemampuan insya' di Madrasah Aliyah keagamaan Darul Ulum Jombang. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
D02302063 Nur Ainiyah Anis 2006 ok.pdf Download (4MB) |
Abstract
Masalah yang diteliti dalam skripsi yang berjudul "Pengaruh Latar Belakang pendidikan Siswa Terhadap Kemampuan Insya' di Madrasah Aliyah ke-Agamaan Darul · Ulum Jombang" ini adalah: Bagaimana latar belakang pendidikan siswa/siswi di MAK Darul 'Ulum sebelumnya. Bagaimana kemampuan insya' siswa-siswi di MAK Darul 'Ulum sebelumnya. Apakah ada pengaruh latar belakang pendidikan siswa dengan kemampuan khususnya insya'. Jika ada pengaruh seberapa besar pengaruhnya. Dalam penelitian lapangan (field study) ini digunakan beberapa metode yakni, metode observasi, interview, dokumen, selain itu .penelitian ini menggunakan sistem angket untuk mengetahui latar belakang pendidikan Bahasa Arab siswa sebelum rnasuk ke MAK Darul 'Ulum dengan 12 soal pilihan ganda dan metode tes yang digunakan untuk mengetahui .kemampuan insya' siswa dengan memberi mereka tugas mengarang dalam bahasa arab. Jumlah siswa MAK Darul 'Ulum kelas 2 dan 3 berjumlah 76 orang, sedangkan sampel yang digunakan hanya kelas 2 dan 3 yang berjumlah 46 orang. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa latar belakang pendidikan bahasa arab siswa di MAK Darul 'Ulum tidak berpengaruh secara signifikan terhaap kemampuan inysa' mereka, hal ini terlihat dari hasil thituns = 0, 123 temyata lebih kecil dari t1abc1 yang ditetapkan sebesar 1 % = 0,322, maka Ho diterima Ha ditoiak dan tingkat korelasinya adalah kecil. Jadi kemampuan insya' siswa MAK Darul 'Ulum tidak dipengaruhi oleh latar belakang pendidikan bahasa arab mereka di sekolah menengah pertama baik formal maupun informal. Berarti ada faktor lain yang lebih berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan insya' siswa MAK Darul 'Ulum yang tidak diperhitungkan dalam penelitian ini seperti faktor kebiasaan lingkungan dan keluarga. Dari hasil penelitian ini penulis menyarankan agar para guru bahasa (Indonesia, Arab dan Inggris) senantiasa mensuports sisw.i-siswi untuk gemar menulis baik tulisan Arab, Inggris, Indonesia untuk mengungkapkan isi hatinya.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar | ||||||||
Keywords: | Kemampuan insya' | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||||
Date Deposited: | 20 May 2025 06:24 | ||||||||
Last Modified: | 20 May 2025 06:24 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/80432 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |