Pengaruh keaktifan siswa terhadap prestasi belajar Bahasa Arab di Madrasah Aliyah ITTAQU Gayungan Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muroah, Sirul (2007) Pengaruh keaktifan siswa terhadap prestasi belajar Bahasa Arab di Madrasah Aliyah ITTAQU Gayungan Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
D02303041 Sirul Muro'ah 2007 ok.pdf

Download (4MB)

Abstract

Madrasah Aliyah Ittaqu merupakan Madrasah atau lembaga pendidikan dibawah pembinaan Yayasan Ittaqu (Ikatan Tarbiyatul Ta'limul Qur'an). Di Sekolah ini diajarkan beberapa mata pelajaran dan ilmu pengetahuan agama Islam, diantaranya pelajaran bahasa Arab. Dalam pelajaran bahasa Arab di madrasah ini peran aktif murid dalam belajar sangat mempengaruhi prestasi, dimana ketika seorang murid aktif dalam kegiatan belajar mengajar maka akan berdampak positif pada prestasi mereka. Namun sebaliknya jika seorang murid kurang aktif dalam kegitan belajar mengajar akan berdampak negative pada prestasi mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui standar keaktifan siswa dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru bahasa Arab, seperti tugas dalam bentuk menulis khot dan membuat insya' serta untuk mengetahui prestasi mereka dalam mengerjakan tugas-tugas tersebut serta mengungkap ada tidaknya pengaruh keduanya. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, angket dan dokumentasi dengan menggunakan analisis rumus prosentase untuk mengetahui tingkat keaktifan siswa (variable X). sedangkan rumus statistic Product Moment digunakan untuk mengetahui pengaruh antara keaktifan dan prestasi belajar bahasa Arab tahun ajaran 2006/2007. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan siswa dalam mengerjakan tugas bahasa Arab adalah baik, hal ini terbukti dengan basil prosentase menunjukkan nilai 76.67. Sedangkan prestasi mereka masuk kategori baik, hal ini terbukti dengan basil prosentase yang menunjukkan nilai rata-rata 7.29. Analisis statistic menunjukkan bahwa hubungan antara kedua variable tersebut sangat bagus dengan menunjuk.kan angka 0.977, yang kemudian dikonsultasikan dengan dengan taraf signifikansi diman nuilai I%= 0.465 dan 5% = 0.355 dan nilai statistik menunjukan 0.977 jadi sada hubungan yang signifikan antara keaktifan siswa terhadap prestasi dalam belajar bahasa Arab di Madrasah Aliyah Ittaqu Gayungan Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muroah, SirulUNSPECIFIEDD02303041
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPurwati, Enieni.tarbiyah@gmail.com2021126501
Subjects: Pendidikan > Prestasi Belajar
Keywords: Prestasi belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 20 May 2025 07:12
Last Modified: 20 May 2025 07:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/80442

Actions (login required)

View Item View Item