This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Khasanah, Nur (2007) Permainan Mufrodat dan pengaruhnya terhadap minat belajar Bahasa Arab siswa Kelas VIII di SMP Mujahidin Perak Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
D02303056 Nur Khasanah 2007 ok.pdf Download (13MB) |
Abstract
SMP Mujahidin, Perak, merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam swasta yang ada di Surabaya. Di sekolah ini ada dua bahasa asing yang diajarkan yaitu bahasa Inggris dan bahasa Arab, meskipun bahasa Arab menjadi pelajaran bahasa prioritas ketiga setelah bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, namun bahasa Arab tetap dianggap penting, mengingat bahasa Arab menjadi salah satu modal utama dalam belajar ilmu agama [slam. Penguasaan bahasa asing terutama bahasa Arab tidaklah mudah, kebanyakan siswa akan merasa lebih mudah belajar bahasa Inggris dari pada belajar bahasa Arab. Hal ini banyak faktomya, selain bahasa lnggris dianggap lebih memiliki prospek yang baik dimasa depan, minat siswa dalam belajar bahasa Inggris juga Iebih tinggi dari pada belajar bahasa Arab. Mcngingat pcntingnya belajar bahasa Arab, scmcntara tingkat kcsulitan penguasaan bahasa Arab yang cukup tinggi dan minat belajar bahasa Arab yang kurang, maka diperlukan metode pengajaran bahasa Arab yang baik sehingga mampu menarik minat siswa dalam belajar bahasa Arab, yang pada akhimya mampu meningkatkan penguasaan bahasa Arab siswa. Salah satu metode baru yang dianggap mampu menarik minat siswa dalam belajar bahasa Arab adalah metode bermain. Dalam kaitannya dengan pengajaran bahasa, metode bermain tersebut diadopsi menjadi metode 'perrnainan bahasa'. Permainan Bahasa ini menggunakan beberapa metode pcrmainan terarah seperti gambar, lagu, dinamika kelompok, kuis, kartu dan Jain-lain. Dalam penelitian ini terfokus pada 'permainan mufrodat' Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan "permainan mufrodat" dalam meningkatkan minat siswa dalam belajar bahasa Arab di SMP Mujahidin Perak Surabaya" Metode yang digunakan untuk pengumpuJan data adalah observasi, angket, dan dokumentasi dengan mcnggunakan analisis rumus prosentase untuk mcngctahui tingkat penggunaan 'permainan bahasa'(variable X) dan minat belajar bahasa Arab siswa (variable Y), sedangkan rumus statistic 'Chi Kuadrat' digunakan untuk mengetahui pengaruh penggunaan 'permainanmufrodat' terhadap minat siswa dalam belajar bahasa Arab di SMP Mujahidin, Perak, Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan permainan mufrodat di SMP Mujahidin termasuk jarang, hal ini dapat dilihat dari basil wawancara dengan guru dan dari angket,demikian juga dari hasil angket menunjukkan bahwa minat sisv..·a dalam belajar bahasa Arab termasuk rendah. Analisa statistic didapatkan bahwa antara kedua variabel tersebut terdapat pengaruh yang rendah dengan menunjukkan angka 0.166. Jadi tidak terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan "permainan mufrodat" terhadap minat siswa dalam belajar bahasa Arab di SMP Mujahidin, Perak, Surabaya.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Minat Siswa | ||||||||
Keywords: | Minat belajar | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||||
Date Deposited: | 20 May 2025 07:29 | ||||||||
Last Modified: | 20 May 2025 07:30 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/80445 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |