Pengaruh penggunaan media Jadwal Nahwu terhadap efcktifitas pengajaran Bahasa Arab siswa Kelas 1 dan II di M4 AI Musthofawiyah Palang Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Qomaruddin, M Farid (2007) Pengaruh penggunaan media Jadwal Nahwu terhadap efcktifitas pengajaran Bahasa Arab siswa Kelas 1 dan II di M4 AI Musthofawiyah Palang Tuban. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
D12303071 M Farid Qomaruddin 2007 ok.pdf

Download (13MB)

Abstract

MA. AI-Musthofawiyah mcrupakan lembaga pendidikan Islam swasta yang ada di Palang-Tuban dan dibawah naungan pondok pcsantren Al-Musthofawiyah Palang-Tuban. Di sekolah ini diajarkan beberapa ilmu pengetahuan Islam yang diantaranya adalah pclajaran Bahasa Arab. Media sangatlah berperan dalam penguasaan bahasa Arab di sekolah ini, karena Media merupakan unsur yang sangat penting yang dapat mempengaruhi terhadap kcaktifan belajar dan mencrima pengctahuan oleh siswa-siswi dalam belajar bahasa Arab. Adapun penyampaian matcri dan jam pclajaran bahasa Arab di dalam sekolah ini disajikan langsung dalam bcntuk satu paket matcri bahasa Arab oleh lcmbaga departemen kcagamaan yang mencakup materi Qiro'ah, Kitabah, Insya', Qawaid, dan lain sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mcngetahui hubungan pcngaruh pcnggunaan media "Jadwal Nahwu" terhadap tingkat efektifitas pengajaran bahasa Arab yang dilakukan olch guru pengajar bahasa Arab dan siswa-siswi yang ada di kelas I dan II pada sekolah ini. Sedangkan mctodc yang digunakan untuk pcngumpulan data dalam penelitian ini adalah Observasi, Angket, dan Dokumentasi dengan menggunakan analisis rumus proscntase untuk rncngctahui tingkat penggunaan media "Jadwal Nahwu" (Yariabel X) dan tingkat efektifitas pengajaran bahasa Arab (Yariabel Y), Sedangkan rumus statistik "Chi Kuadrat" digunakan untuk mengctahui pengaruh antara penggunaan media "Jadwal Nahwu" tcrhadap pcngajaran bahasa Arab di kelas I dan ll MA al- Musthofawiyah Palang-Tuban tahun ajaran 2006-2007. Hasil penelitian rnenunjukkan bahwa penggunaan Media "Jadwal Nahwu" di MA terscbut adalah cukup. Hal ini terbukti dengan hasil proscntasc yang menunjukkan nilai 80,63. Bcgitu pula dengan efektifitas pengajaran bahasa Arab yang menunjukkan nilai 65,62. Dan apabila hasil keduanya tersebut dikonsultasikan dengan standart nilai yang di kernukakan oleh Suharsimi Arikunto, rnaka hasil tersebut terletak diantara 56 % - 75 % yang berarti cukup. Analisa statistik didapatkan bahwa antara kedua variabel tersebut terdapat pengaruh yang "Sedang" dengan rnenunjukkan angka 0,48. yang rnenurut Suharsimi Arikunto bahwa hasil tersebut terletak diantara 0,40 - 0,70 yang berarti terdapat hubungan yang "Sedang" antara keduanya. Dalam pengajaran bahasa yang efektif, semestinya seorang guru ataupun murid menggunakan media serta berbagai macam metode praktis yang dapat membangkitkan gairah dan semangat dalam menuntut ilmu,

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Qomaruddin, M FaridUNSPECIFIEDD12303071
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMudlofir, Alimudlofir_ali@yahoo.com2016116301
Subjects: Pendidikan > Media
Keywords: Media Jadwal Nahwu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 20 May 2025 08:19
Last Modified: 20 May 2025 08:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/80451

Actions (login required)

View Item View Item