This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Liyani, Fatmawati Nur (2024) Pemanfaatan tiktok sebagai media komunikasi pemasaran jasa make-up artist (MUA) di Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Fatmawati Nur Liyani_04040521113 OK.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Fatmawati Nur Liyani_04040521113 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 21 May 2028. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang bagaimana pemanfaatan TikTok sebagai media komunikasi pemasaran oleh pelaku jasa make-up artist (MUA) di Sidoarjo. Tujuan penelitian ini untuk memahami proses pemanfaatan, teknik, dan strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan melalui platform TikTok. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan data yang diperoleh melalui observasi akun TikTok MUA di Sidoarjo, wawancara mendalam, dan dokumentasi terkait. Penelitian ini didasarkan pada teori Determinisme Teknologi. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa pelaku jasa MUA di Sidoarjo secara efektif memanfaatkan TikTok sebagai media komunikasi pemasaran. Teknik yang digunakan meliputi penyampaian pesan kreatif, relevan, dan menarik perhatian audiens dengan memanfaatkan fitur interaktif TikTok, seperti video pendek, musik, dan hashtag populer. Visual estetis dan narasi inspiratif menjadi elemen kunci dalam konten storytelling yang disusun untuk membangun hubungan emosional dengan audiens. Konten yang dihasilkan meliputi kisah pengalaman, tutorial, dan hasil make-up, yang dikemas secara konsisten untuk meningkatkan kepercayaan serta keterlibatan audiens. Penelitian ini menegaskan pentingnya kreativitas dan relevansi dalam komunikasi pemasaran berbasis media sosial.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Ilmu Komunikasi Media Sosial Pemasaran |
||||||||
Keywords: | TikTok; Komunikasi Pemasaran; Make-Up Artist; Storytelling; Media Sosial; Sidoarjo | ||||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi | ||||||||
Depositing User: | Fatmawati Nur Liyani | ||||||||
Date Deposited: | 21 May 2025 04:45 | ||||||||
Last Modified: | 21 May 2025 04:45 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/80463 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |