This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Susanti, Susanti (2007) Penerapan metode kooperatif tipe STAD (student teams achievement divisions) dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa Madrasah Aliyah Matholiul Anwar Simo Karang Geneng.Lamongan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
D02303001 Susanti 2007 ok.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan dilapangan bahwa · siswa mengalami kejenuhan dalam belajar terlebih bidang studi Bahasa· Arab yang banyak tidak disukai siswa. Hal ini dapat dilihat ketika proses pembelajaran berlangsung. Dimana guru dalam menyampaikan . materi secara monoton. Hal· inilah yang menjadikan siswa acuh tak acuh, jenuh di dalam kelas, apalagi tidak memahami apa yang disampaikan oleh guru. Salah satu solusi yang dapat mendorong dan melahirkan semangat belajar siswa adalah dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Pembelajaran kooperatif tipe STAD adalah pembelajaran dimana siswa bekarja dalam kelompok kecil, sating membantu belajar satu sama lainnya, beranggotakan siswa dengan hasil belajar tinggi, mta-rata, clan rcndah. Lakl-laki dan perempuan, berlatar belakang bcrbeda. serta adanya tanggung jawab individu kepada anggota kelompoknya untuk mencapai satu penghargaan bersama. Pertanyaan yang diajukan dalam penilitian ini adalah: I) Bagaimana penerapan metode kooperatif tipe ·STAD di Madrasah Aliyah Mathla'ul Anwar. 2) Kesulitan .apa dalam menggunakan metode kooperatif tipe STAD . untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa. 3) Bagaimana pengaruh antara metode kooperatif tipe S'TAD terhadap kemampuan membaca siswa. Berdasarkan pertanyaan tersebut, tujuan penilitian ini diantaranya: · (I) Untuk mengetahui bagaimana penerapan metode kooperatif tipe STAD berlangsung, (2) Untuk mcngctnhui kcsulitnn-kesulitnn dalam menggunaknn metode kooperatif tipe · STAD. (3) Uutuk mcngctuhui upukuh udu pengnruh unturu rnctodc koopcrati f tipc STAD terhadap kemampuan meinbaca siswa. Jenis penelitian ini adalah penilitian kuantitatif, untuk menjawab rumusan masalah No. 1-2 penulis menggunakan metode analisis deskriptif, sedangkan untuk menjawab rumusan masalah No. 4 menggunakan metode statistik product moment. Subyek penelitian ini adalah kelas X Madrasah Aliyah Matholi 'ul Anwar Lamongan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: Penerapan mctode kooperatif tipe STAD diperolch proscntase 62,5% dan berdasarkan lembar keterlaksanaan rencana pembelajaran dalam penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD selama 2 kali diperoleh nilai rata-rata 2,8 yang berarti kemampuan guru 'dalam melaksanakan penerapan metode koopernti f tipe STAn 'tergolong cukup baik. Kesulltan dalum menggunukan metode kooperatll' Lipe STAU uda 3 yaltu: menghadapi anak yang malas, dalam pemberian nilai dan membutuhkan waktu yang banyak. Berdasarkan uji statistic rumus product moment diperoleh kesimpulan bahwa penerapan metode kooperatif tipe STAD berpengaruh terhadap kemampuan membaca siswa. ·
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pendidikan > Metode | ||||||||
Keywords: | Metode kooperatif | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||||
Date Deposited: | 21 May 2025 04:47 | ||||||||
Last Modified: | 21 May 2025 04:47 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/80474 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |