Studi tentang pengaruh pembelajaran kooperati dengan Tipe Jigsaw terhadap peningkatan kemampuan berbicara Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Nurul Hilda Kalanganyar Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hajar, Maftuhah (2007) Studi tentang pengaruh pembelajaran kooperati dengan Tipe Jigsaw terhadap peningkatan kemampuan berbicara Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Nurul Hilda Kalanganyar Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
D02303055 Maftuhah Hajar 2007 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dengan berkembangnya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) maka kita harus ikut menyesuaikan dengan perkembangan tersebut, yang mengharuskan kita untuk terus belajar. Namun apakah sebuah pembelajaran bisa optimal j ika tanpa didukung sebuah metode yang dapat menciptakan suasana belajar yang kondusif sekaligus menyenangkan. Saat ini penerapan metode baru yaitu Pembelajaran Kooperatif dengan Tipe Jigsaw, merupakan tema menarik untuk dicermati, hal ini tidak terlepas dari gerakan peningkatan pendidikan. Minat merupakan salah satu unsur penting dalam kegiatan belajar mengajar, dan menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan siswa dalam belajar. Belajar Bahasa Arab tanpa adanya minat tidak akan mungkin mendapatkan hasil yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana MA Nurul Huda menerapkan metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam pembelajaran Bahasa Arab, dan untuk mengetahui minat belajar bahasa arab siswa MA Nurul Huda serta mengungkap ada tidaknya hubungan antara keduanya. Untuk mencapai tujuan tersebut, digunakan beberapa metode pengumpulan yaitu observasi, interview, angket dan dokumentasi dengan mengambil 27 siswa kelas XI IPA sebagai sampelnya. Untuk dapat menyimpulkan hasil yang dikehendaki maka digunakan rumus prosentase dan product moment. Dan dari hasil analisa statistic didapatkan bahwa antara kedua variable tersebut terdapat hubungan atau pengaruh yang kuat dengan menunjukkan nilai indeks korelasi 0,86.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hajar, MaftuhahUNSPECIFIEDD02303055
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAzhari, Saefullahsaefullah652@gmail.com2014086502
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Pembelajaran kooperati
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 21 May 2025 07:34
Last Modified: 21 May 2025 07:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/80494

Actions (login required)

View Item View Item