This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Karomah, Laily (2007) Pengaruh penerapan pemberian ganjaran dalam pembelajaran Bahasa Arab terhadap minat belajar siswa di TK Dharma Wanita Raci Tengah Sedayu Gresik. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
D02303067 Laily Karomah 2007 ok.pdf Download (4MB) |
Abstract
Seiring dengan tuntutan zaman, pembelajran bahasa asing merupakan ha! penting yang harus dikenalkan clan diberikan pada siswa sejak dini. Bukan hanya bahasa Inggris tapi bahasa Arab juga diajarkan di setiap tingkatan pendidikan mulai dari TK, MI/SD, MtTs/SMP, dan seterusnya. Pembelajaran bahasa asing pada setiap tingkatam tentunya berbeda-beda karena kadar kemarnpuan, pengalaman, clan kondisi psikologis siswa juga berbeda. Metode pembelajaran bahasa asing di TKL sangat berbeda ssekali dengan metode pembelajaran yang dipergunakan di tingkat Tsanawiyah apalagi Aliyah. Oleh sebab itu diperlukan sebuah cara atau teknik dalam mengajarakan bahasa asing sesuai dengan kondisi clan keadaan sisiwa tersebut hal ini penting dilaku.kan untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Salah satu sekolah TK yang memnerikan materi pelajaran bahasa Arab adalah TK Dharma Waanita Raci Tengah Gresik. Yang unik dari TK ini adalah cara pembelajaran bahasa Arab. Di TK ini cara atau teknik yang diterapkan dalam pembelajaran bahasa Arab adalah teknik pemberian hadiah atau ganjaran (reward). Pemberian hadiah ini bukan hanya berupa materi atau benda tapi juga berupa perkataan atau pujian. Skripsi ini simaksudkan untuk mengankat masalah penting ini. Adapun permasalahan yang diangkat dalam skripsi ini adalah (1) bagaimana penerapan teknik ganjaran (reward) di TK Dharma Wanita, (2) bagaimana minat siswa dalam mempelajari bahasa Arab, (3) adakah pengaruh penerapan teknik pemberian ganjaran terhadap minat siswa dalam mempelajari bahasa Arab. Dengan menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi diketahui bahwa penerapan teknik ganjaran dilakukan dengan cara memberikan suatu penghargaan baik berupa materi atau non materi pada siswa yang prestisius yang memiliki kemampuan lebih clan semangat dalam mengikuti pelajaran bahasa Arab. Sementara itu minat sisiwa dalam mempelajari bahasa Arab dapat dikatagorikan cukup karena kesungguhan, ketaatan, dan perhatian yang mereka tunjukan dalam mengikuti pelajaran bahasa Arab cukup tinggi. Teknik pemberian reward temyata mempunyai pengaruh yang sangat kuat terhadap minat belajar siswa. Hal ini terbukti dari basil perhitungan statistic yang menggunakan rumus Chi Kuadrat menghasilkan angka 6,09 yang temyata lebih besar dari "r" tabel. Dikatakan berpengaruh kuat karena berada pada posisi antara 90-100
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Minat Siswa | ||||||||
Keywords: | Minat belajar | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||||
Date Deposited: | 21 May 2025 08:07 | ||||||||
Last Modified: | 21 May 2025 08:08 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/80499 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |