This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Hafrim, Retmah Dwiana (2025) Pengaruh environmental knowledge dan religiosity terhadap green purchase intention dimediasi oleh attitude toward green product: studi pada produk kosmetik ramah lingkungan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Retmah Dwiana Hafrim_08010321025 OK.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Retmah Dwiana Hafrim_08010321025 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 3 June 2028. Download (2MB) |
Abstract
Kosmetik ramah lingkungan adalah kosmetik yang bahan utamanya bukan berasal dari bahan kimia berbahaya, lebih mengutamakan penggunaan bahan-bahan alami dengan disertai proses produksi yang meminimalisir adanya pencemaran lingkungan dengan hasil limbah yang sesedikit mungkin. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengetahuan ligkungan, religiusitas, sikap, dan minat beli ramah lingkungan terhadap konsumen muslim generasi Z produk kosmetik ramah lingkungan di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis data primer yang berasal dari kuesioner penelitian. Kuisioner yang digunakan adalah jenis pertanyaan tertutup dengan skala pengukuran likert poin 1-5. Populasi penelitian merupakan seluruh generasi Z di Indonesia, dengan total sampel sebanyak 387 responden yang tersebar pada 28 provinsi di Indonesia. Untuk menguji instrumen dan hipotesis, peneliti menggunakan analisis Stuctural Equation Modeling (SEM) yang berbasis varians yaitu Partial Least Square (PLS) versi 4.1.0.8 Hasil penelitian menunjukkan jika ketujuh hipotesis yang diajukan diterima karena terbukti positif dan signifikan, yakni pengetahuan lingkungan berpengaruh terhadap sikap, pengetahuan lingkungan berpengaruh terhadap minat pembelian ramah lingkungan, religiusitas berpengaruh terhadap sikap, religiusitas berpengaruh terhadap minat pembelian ramah lingkungan, sikap berpengaruh terhadap minat pembelian ramah lingkungan, sikap memediasi hubungan antara pengetahuan lingkungan terhadap minat pembelian ramah lingkungan, dan sikap memediasi hubungan antara religiusitas terhadap minat pembelian ramah lingkungan. Lebih luas lagi, penelitian ini juga menggunakan metode multigroup analysis untuk membedakan pengaruh berdasarkan jenis kelamin. Temuan yang menarik berada pada kelompok laki-laki yang ditemukan banyak perbedaan dengan kelompok perempuan karena menunjukkan nilai yang tidak positif dan tidak signifikan pada hipotesis kedua, ketiga, keempat, dan ketujuh. Berdasarkan hasil penelitian ini perusahaan kosmetik konvensional bisa mengadopsi strategi pemasaran baru, seperti berinovasi menciptakan produk kosmetik yang ramah lingkungan, karena di era krisis lingkungan seperti minat pembeli produk kosmetik ramah lingkungan cukup tinggi. Selain itu penelitian ini juga menyoroti sikap sebagai prediktor yang paling kuat untuk memicu niat pembelian kosmetik ramah lingkungan dibandingkan dengan pengetahuan lingkungan dan religiusitas. Perusahaan dapat merancang strategi yang dapat menumbuhkan sikap konsumen yang lebih positif terhadap produk kosmetik ramah lingkungan melalui edukasi pengetahuan dan nilai-nilai religiusitas.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Manajemen | ||||||||
Keywords: | kosmetik ramah lingkungan; pengetahuan lingkungan; religiusitas; sikap; minat beli ramah lingkungan. | ||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen | ||||||||
Depositing User: | Retmah Hafrim | ||||||||
Date Deposited: | 03 Jun 2025 11:21 | ||||||||
Last Modified: | 03 Jun 2025 11:21 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/80555 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |