This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Azka, Sofiyyudin (2025) Digitalisasi pembelajaran di madrasah aliyah berbasis pesantren salaf: studi multi kasus di MA Qudsiyyah Kudus dan MA NU Banat Kudus. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Sofiyyudin Azka_02040823060.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Sofiyyudin Azka_02040823060_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 24 July 2028. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas proses digitalisasi di Madrasah Aliyah berbasis pesantren salaf, dengan fokus pada studi multi kasus di MA Qudsiyyah Kudus dan MA NU Banat Kudus. Seiring dengan perkembangan teknologi yang pesat, lembaga pendidikan Islam dihadapkan pada tantangan untuk beradaptasi dengan era digital tanpa mengabaikan nilai-nilai tradisional yang telah lama dijaga. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi implementasi digitalisasi di kedua lembaga tersebut, mengeksplorasi faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam proses adaptasi teknologi, serta mengidentifikasi dampak digitalisasi terhadap kualitas pembelajaran dan pelestarian nilai-nilai pesantren. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, di mana data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi di kedua madrasah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa digitalisasi memberikan dampak signifikan terhadap proses pembelajaran dan manajemen madrasah. Di MA Qudsiyyah, penggunaan aplikasi seperti perpustakaan digital dan platform Google Drive membantu memperluas akses pembelajaran dan efisiensi operasional. Sedangkan di MA NU Banat, implementasi smart TV dan aplikasi digital lain mendukung inovasi dalam penyampaian materi pembelajaran. Meski demikian, keduanya menghadapi tantangan berupa resistensi terhadap perubahan, keterbatasan infrastruktur, serta kendala teknis dalam penerapan evaluasi berbasis digital.Digitalisasi juga membawa dampak langsung, seperti peningkatan kualitas pembelajaran, pengembangan keterampilan digital santri, dan efisiensi administrasi. Dampak tidak langsung mencakup perubahan budaya belajar, peningkatan kolaborasi antara guru dan santri, serta akses pendidikan yang lebih inklusif. Namun, penelitian ini juga menemukan adanya perubahan pada penghormatan terhadap kitab sebagai simbol ilmu ketika beralih ke format digital. Kesimpulannya, penelitian ini memberikan wawasan tentang bagaimana madrasah berbasis pesantren salaf dapat beradaptasi tantangan era digital dan mengadopsi teknologi secara bijak sesuai dengan prinsip dan tradisi yang dipegang teguh.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Dirasah Islamiyah Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem Pesantren |
||||||||
Keywords: | Digitalisasi; pesantren Salaf; MA Qudsiyyah; MA NU Banat; Madrasah; Pendidikan Islam | ||||||||
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Sofiyyudin Azka | ||||||||
Date Deposited: | 24 Jul 2025 05:34 | ||||||||
Last Modified: | 24 Jul 2025 05:34 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/80658 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |