Digitalisasi pembelajaran di madrasah aliyah berbasis pesantren salaf: studi multi kasus di MA Qudsiyyah Kudus dan MA NU Banat Kudus

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azka, Sofiyyudin (2025) Digitalisasi pembelajaran di madrasah aliyah berbasis pesantren salaf: studi multi kasus di MA Qudsiyyah Kudus dan MA NU Banat Kudus. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sofiyyudin Azka_02040823060.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Sofiyyudin Azka_02040823060_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 July 2028.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membahas proses digitalisasi di Madrasah Aliyah berbasis pesantren salaf, dengan fokus pada studi multi kasus di MA Qudsiyyah Kudus dan MA NU Banat Kudus. Seiring dengan perkembangan teknologi yang pesat, lembaga pendidikan Islam dihadapkan pada tantangan untuk beradaptasi dengan era digital tanpa mengabaikan nilai-nilai tradisional yang telah lama dijaga. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi implementasi digitalisasi di kedua lembaga tersebut, mengeksplorasi faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam proses adaptasi teknologi, serta mengidentifikasi dampak digitalisasi terhadap kualitas pembelajaran dan pelestarian nilai-nilai pesantren. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, di mana data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi di kedua madrasah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa digitalisasi memberikan dampak signifikan terhadap proses pembelajaran dan manajemen madrasah. Di MA Qudsiyyah, penggunaan aplikasi seperti perpustakaan digital dan platform Google Drive membantu memperluas akses pembelajaran dan efisiensi operasional. Sedangkan di MA NU Banat, implementasi smart TV dan aplikasi digital lain mendukung inovasi dalam penyampaian materi pembelajaran. Meski demikian, keduanya menghadapi tantangan berupa resistensi terhadap perubahan, keterbatasan infrastruktur, serta kendala teknis dalam penerapan evaluasi berbasis digital.Digitalisasi juga membawa dampak langsung, seperti peningkatan kualitas pembelajaran, pengembangan keterampilan digital santri, dan efisiensi administrasi. Dampak tidak langsung mencakup perubahan budaya belajar, peningkatan kolaborasi antara guru dan santri, serta akses pendidikan yang lebih inklusif. Namun, penelitian ini juga menemukan adanya perubahan pada penghormatan terhadap kitab sebagai simbol ilmu ketika beralih ke format digital. Kesimpulannya, penelitian ini memberikan wawasan tentang bagaimana madrasah berbasis pesantren salaf dapat beradaptasi tantangan era digital dan mengadopsi teknologi secara bijak sesuai dengan prinsip dan tradisi yang dipegang teguh.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azka, Sofiyyudinazkakura5@gmail.com02040823060
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHamid, Abdullohdoelhamid@uinsby.ac.id2028088501
Subjects: Dirasah Islamiyah
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Pesantren
Keywords: Digitalisasi; pesantren Salaf; MA Qudsiyyah; MA NU Banat; Madrasah; Pendidikan Islam
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sofiyyudin Azka
Date Deposited: 24 Jul 2025 05:34
Last Modified: 24 Jul 2025 05:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/80658

Actions (login required)

View Item View Item