Penerapan terapi perilaku dengan metode dzikir untuk mengatasi gangguan kecemasan pada anak penyandang attention deficit hyperactivity disorder (ADHD) di sekolah terapi Mutiara Anak Bangsa Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurzulaela, Fathonah (2025) Penerapan terapi perilaku dengan metode dzikir untuk mengatasi gangguan kecemasan pada anak penyandang attention deficit hyperactivity disorder (ADHD) di sekolah terapi Mutiara Anak Bangsa Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fathonah Nurzulaela_07020621026.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Fathonah Nurzulaela_07020621026_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 May 2028.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Masalah kecemasan pada anak dengan Gangguan perhatian dan hiperaktivitas dapat menghambat perkembangan sosial serta akademik mereka. Terapi perilaku berbasis dzikir pendekatan terapeutik dipilih. Dalam hal ini rumusan masalah yang diangkat adalah 1) Apakah terdapat pengaruh pada penerapan terapi perilaku dengan metode dzikir dalam mengurangi tingkat kecemasan terhadap anak dengan gangguan fokus dan hiperaktivitas di Sekolah Terapi Mutiara Anak Bangsa Surabaya? 2) Bagaimana penerapan terapi perilaku dengam metode dzikir dalam mengurangi tingkat kecemasan terhadap anak dengan gangguan fokus dan hiperaktivitas di Sekolah Terapi Mutiara Anak Bangsa Surabaya? 3) Bagaimana perubahan yang terjadi sebelum dan sesudah menjalani proses terapi perilaku dengan metode dzikir? Tujuan penelitian ini adalah mengevaluasi sejauh mana terapi perilaku dengan metode dzikir efektif dalam menurunkan tingkat kecemasan pada anak ADHD di Sekolah Terapi Mutiara Anak Bangsa Surabaya. Studi ini menerapkan metode campuran (mixed methods) dengan teorinya Creswell yang mengombinasikan analisis kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data melalui wawancara, partisipasi observasional, serta pengukuran skala Generalized Anxiety Disorder (GAD-7) sebelum dan setelah intervensi, dengan skor rata-rata pre-test 15 (kecemasan parah) dan skor rata-rata post-test 6,67 (kecemasan ringan), dengan hasil uji N-Gain menunjukkan angka 1.222 (tinggi) yang memiliki arti bahwa uji normalitas terpenuhi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa terapi perilaku berbasis dzikir memberikan dampak positif terhadap penurunan kecemasan anak ADHD. Teknik dzikir yang diajarkan membantu meningkatkan fokus, mengontrol impulsivitas, serta menciptakan ketenangan emosional. Selain itu, analisis data kualitatif menunjukkan bahwa anak yang rutin berdzikir mengalami perubahan perilaku menjadi lebih tenang dan lebih adaptif dalam menghadapi situasi yang memicu kecemasan. Temuan ini memperkuat bahwa mengintegrasikan terapi perilaku dengan pendekatan spiritual dapat menjadi alternatif intervensi yang efektif dalam meningkatkan kesejahteraan psikologis anak ADHD.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurzulaela, Fathonahfathonahnz038@gmail.com07020621026
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhadijah, KhadijahUchykhadijah7@gmail.com2010116601
Subjects: Psikoterapi > Psikoterapi Islam
Tasawuf
Orang tua dan Anak
Keywords: Terapi perilaku; dzikir; gangguan kecemasan; attention deficit hyperactivity disorder (ADHD)
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Fathonah Nurzulaela
Date Deposited: 27 May 2025 07:34
Last Modified: 27 May 2025 07:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/80659

Actions (login required)

View Item View Item