تحليل صعوبات تعلّم اللغة العربية في المهارات الإنتاجية (دراسة مقارنة في مدرسة التنوير المتوسطة ومدرسة سبيل النجاح المتوسطة ببوجونيغارا)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aulia, Meivirda (2025) تحليل صعوبات تعلّم اللغة العربية في المهارات الإنتاجية (دراسة مقارنة في مدرسة التنوير المتوسطة ومدرسة سبيل النجاح المتوسطة ببوجونيغارا). Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Meivirda Aulia_0204092308.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Meivirda Aulia_0204092308_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 May 2028.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan memecahkan kesulitan pembelajaran bahasa Arab dalam keterampilan produktif di MTs I Attanwir dan MTs Plus Sabilun Najah di Bojonegoro. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif melalui pendekatan studi komparatif, data dikumpulkan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan kuesioner. Peneliti menemukan masalah linguistik dan non-linguistik dari kedua sekolah tersebut yang berkaitan dengan siswa perempuan di kelas IXB2 dalam pembelajaran bahasa Arab. Hasil dari penelitian tersebut adalah: 1. Masalah linguistik dalam keterampilan berbicara di MTs I Attanwir seperti masalah fonologi, kosa kata dan kalimat, 2. Masalah non-linguistik dalam keterampilan berbicara di MTs I Attanwir seperti perbedaan individu dan lingkungan bahasa, 3. Masalah linguistik dalam keterampilan menulis di MTs I Attanwir seperti masalah fonologi, kosa kata dan kalimat, 4. Masalah non-linguistik dalam keterampilan menulis di MTs I Attanwir seperti perbedaan individu dan lingkungan bahasa, 5. Masalah linguistik dalam keterampilan berbicara di MTs Plus Sabilun Najah seperti masalah fonologi, kosa kata dan kalimat, 6. Masalah non-linguistik dalam keterampilan berbicara di MTs Plus Sabilun Najah seperti kurangnya motivasi dan minat, perbedaan individu dan lingkungan bahasa, 7. Masalah linguistik dalam keterampilan menulis di MTs Plus Sabilun Najah seperti masalah fonologi, kosa kata dan kalimat, 8. Masalah non-linguistik dalam keterampilan menulis di MTs Plus Sabilun Najah seperti kurangnya motivasi dan minat, perbedaan individu dan lingkungan bahasa. Adapun solusi yang digunakan dalam penelitian ini, salah satunya adalah perlu adanya pengembangan lingkungan pendidikan dalam kebahasaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aulia, Meivirdameivirdaaulia@gmail.com02040923008
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTaufiq, Mirwan Akhmadmirwan@uinsa.ac.id2014038501
Thesis advisorMuflihah, Muflihahmuflihah@uinsby.ac.id2012067602
Subjects: Pendidikan
Keywords: Kesulitan belajar bahasa Arab; keterampilan produktif
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Meivirda Aulia
Date Deposited: 28 May 2025 05:11
Last Modified: 28 May 2025 05:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/80706

Actions (login required)

View Item View Item