This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Hikmah, Nurul (2007) Pengaruh media pembelajaran Komik terhadap kemampuan berbicara siswa di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Lemahbang Sukorejo Pasuruan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
D02303024 Nurul Hikmah 2007 ok.pdf Download (3MB) |
Abstract
Alasan yang mendorong penulis memilih judul tersebut adalah ingin mengetahui penerapan media pembelajaran komik terhadap kemampuan berbicara siswa dan memgetahui pengaruhnya media komik terhadap kemampuan berbicara siswa di Madrasah lbtidaiyah Miftahul Huda Lemahbang Sukorejo Pasuruan. Skripsi ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif Metode pengumpulan data dilakukan dengan lima cara yaitu: pengamatan, wawancara, dokumentasi, angket dan tes. Adapun obyek yag dipilih adalah Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Lemahbang Sukorejo Pasuruan kelas IV dan V. Pembahasan dalam skripsi ini meliputi BAB I pendahuluan: latar belakang, rumusan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian, definisi operasional, hipotesis penelitian, dan sistematika penelitian. BAB II meliputi kajian teoritis yang terdiri dari tiga bagian: bagian I terdiri dari pengertian media pembelajaran dan kornik, macam-macamnya, manfaatnya, dan pentingnya media pembelajaran serta penggnaan komik dalam pembelajaran. Bagian 2 terdiri dari pengertian maharah kalam, pentingnya maharah kalam, tuj uan dan metode yang digunakan, serta pentingnya media pembelajaran terhadap kemampuan berbicara, bagian 3 terdiri dari pengaruh media pembelajaran komik terhadap kemampuan berbicara siswa. BAB III yaitu study lapangan yang terdiri dari 2 bagian yaitu bagian l mencakup gambaran umum tentang madrasah ibtidaiyah miftahul huda emahbang sukorejo pasuruan yang meliputi: sejarah, letak geografis, visi, misi, dan tujuan madrasah, sarana prasarana, keadaan guru, keadaan siswa, serta kegiatan-kegiatan yang dilakukan siswa. Bagian 2 memaparkan tentang penyajian data dan analisis data tentang media pembelajaran komik, maharah kalam dan pengaruh media pembelajaran komik terhadap kemampuan berbicara siswa di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Lemahbang Sukorejo Pasuruan. Penulisan skripsi diakhiri dengan kesimpulan bahwa mayoritas siswa suka. dengan media pembelajaran komik karena di samping menyenangkan juga terdapat unsur materi bahasa arab yang di peroleh di dalamnya, dan media komik tersebut sangat berpengaruh pada kemampan berbicara siswa, sebab dengan media pembelajaran komik siswa yang satu dapat bercerita dengan siswa yang lain.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pendidikan > Media | ||||||||
Keywords: | Media pembelajaran; Komik | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||||
Date Deposited: | 28 May 2025 07:08 | ||||||||
Last Modified: | 28 May 2025 07:08 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/80729 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |