Uji coba penggunaan media Peta Konsep (Mind Mapping) dalam pembelajaran kaidah Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Negeri Mojosari Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fattah, M Syahid Al (2007) Uji coba penggunaan media Peta Konsep (Mind Mapping) dalam pembelajaran kaidah Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Negeri Mojosari Mojokerto. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
D02303012 M Syahid Al Fattah 2007 ok.pdf

Download (11MB)

Abstract

MAN Mojosari rnerupakan lcrnbaga pendidikan islam ncgeri yang ada di Mojosari - Mojokerto dan dibawah naungan Depag Mojokerto, Di sekolah ini diajarkan beberapa ilmu pengetahuan Islam yang diantaranya adalah pelajaran Bahasa Arab. Media sangatlah berperan dalam penguasaan bahasa Arab di sekolah ini. karena Media merupakan unsur yang sangat penting yang dapat mempengaruhi keaktifan belajar dan Penerimaan pengetahuan oleh siswa-siswi dalam belajar bahasa Arab. Adapun penyampaian materi dan jam pelajaran bahasa Arab di dalam sekolah ini disajikan langsung dalam bentuk satu paket materi bahasa Arab oleh lembaga departemen keagamaan yang mencakup materi Qiro' ah, Kitabah, Insya', Qawaid, dan lain sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan penggunaan media "Peta Konsep (Mind Mapping)" dalam pembelajaran Kaidah Bahasa Arab di MAN Mojosari. Media ini dibuat oleh peneliti dan menguji cobakannya pada siswa guna meningkatkan prestasi mereka dalam memahami kaidah bahasa arab. Media ini dikatakan baik jika prestasi siswa meningkat, dan dapat memotivasi siswa untuk belajar Bahasa Arab. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, uji coba (eksperimen), angket untuk mengetahui keberhasilan media "Peta Konsep" dan tes untuk mengetahui tingkat keberhasilan siswa pada kelas uji coba yang menggunakan media "Peta Konsep" (Variabel X) dan tingkat keberhasilan siswa pada kelas control yang tidak menggunakan media tersebut (Variabel Y) yang kemudian diperbandingkan antara keduanya, Sedangkan analisis data menggunakan rumus statistik "Tes "t" " digunakan untuk mengetahui perbandingan prestasi siswa antara kelas uji coba dan kelas control. Hasil analisa statistic penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Media "peta konsep" di MAN Mojosari adalah baik. Hal ini terbukti dengan hasil prosentase siswa yang mayoritas suka dan setuju penggunaan media "peta pikiran" dalam pembelajaran kaidah Bahasa Arab, dan terbukti dengan hasil hipotesa dengan nilai to= 3,44 lebih besar dari nilai t1 = 2,68 pada tabel. Dan ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara prestasi siswa kelas uji coba dan kelas control. Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian ini bahwa penggunaan media "Peta Konsep" dalam pembelajaran Kaidah Bahasa Arab dikatakan berhasil dan media ini perlu dikembangkan dengan berbagai pembaharuannya sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa da]am pembelajaran Kaidah Bahasa Arab.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fattah, M Syahid AlUNSPECIFIEDD02303012
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPurwati, Enieni.tarbiyah@gmail.com2021126501
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Pembelajaran kaidah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 03 Jun 2025 02:23
Last Modified: 03 Jun 2025 02:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/80818

Actions (login required)

View Item View Item