Efektifitas penerapan Kurikulum Tingkat Sutuan Pendidikan (KTSP) dalam meningkatkan minat belajar Bahasa Arab Siswa Di Madrasah Aliyah Negeri Mojosari Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fathurrozi, Fathurrozi (2007) Efektifitas penerapan Kurikulum Tingkat Sutuan Pendidikan (KTSP) dalam meningkatkan minat belajar Bahasa Arab Siswa Di Madrasah Aliyah Negeri Mojosari Mojokerto. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
D02303016 Fathurrozi 2007 ok.pdf

Download (9MB)

Abstract

Permasalahan yang dibahas di dalam skripsi ini adalah bagaimana minat belajar bahasa Arab siswa di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Mojosari ini bisa ditingkatkan melalui kurikulum yang terbaru yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Kurikulum merupakan unsur pokok yang dibutuhkan dalam mencapai tujuan pendidikan di sekolah tertentu. Jika kurikulum baik maka kemungkinan besar kegiatan pembelajaran akan berjalan sebagaimana yang diinginkan. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) adalah kurikulum terbaru yang dikembangkan oleh para praktisi pendidikan dan juga merupakan penyempumaan dari kurikulum sebelumnya. salah satu faktor yang menyebabkan siswa pandai dalam satu mata pelajaran tertentu adalah minat yang ia miliki terhadap mata pelajaran tersebut. Oleh karena itu Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah Efektifitas Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dalam meningkatkan minat belajar bahasa Arab siswa di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Mojosari. Adapun sampel yang diteliti penulis adalah seluruh siswa kelas I. Sedangkan metode yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, angket, dan dokumentasi dengan menggunakan analisis rumus prosentase untuk mengetahui Efektifitas Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) (variabel X) dan mclihat seberapa besar minat belajar bahasa Arab siswa di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Mojosari (variabel Y), sedangkan untuk mengetahui Efektifitas Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dalam meningkatkan minat belajar bahasa Arab peneliti menggunakan rumus statistik "Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Efektifitas KTSP berada dalam taraf cukup" dengan hasil prosentase menunjukkan nilai 65,32 %. yang apabila hasil tersebut dikonsultasikan dengan standart nilai suharsimi arikunto. maka hasilnya terletak antara 56%-75% yang berarti "cukup. Sedangkan minta belajar bahasa Arab siswa di madrasah Aliyah negen Mojosari-Mojokerto adalah 81.6 l % yaitu terletak antara 67%-100% yang berarti "baik". Analisa statistik didapatkan bahwa antara kedua variabel tcrsebut terdapat hubungan (cfcktifitas) yang "sangat kuat" dengan menunukkan angka 0,987, yang menurut Suharsimi Arikunto bahwa hasil tersebut terletak antara 0.90-1.00 yang berarti terdapat hubungan yang "kuat" antara keduanya. Dalam usaha meningkatkan minat belajar siswa maka kurikulum haruslah disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan siswa di sekolah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fathurrozi, FathurroziUNSPECIFIEDD02303016
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJunaedi, Junaediulul_masedi@yahoo.com2024126501
Subjects: Minat Siswa
Keywords: Meningkatkan minat belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 03 Jun 2025 02:38
Last Modified: 03 Jun 2025 02:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/80820

Actions (login required)

View Item View Item