Peran strategi syariah marketing terhadap dampak omzet penjualan pada Bengkel Kriya Daun 9996 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khotimah, Siti Khusnul (2025) Peran strategi syariah marketing terhadap dampak omzet penjualan pada Bengkel Kriya Daun 9996 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Khusnul Khotimah_08040420164 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Siti Khusnul Khotimah_08040420164 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 June 2028.

Download (2MB)

Abstract

Menurunnya omzet penjualan pada Bengkel Kriya Daun 9996 Surabaya menyebabkan perolehan pendapatan belum mencapai target sebesar Rp 50.000.000 per-bulannya sesuai yang diharapkan oleh pemilik. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan menemukan strategi pemasaran yang tepat. Strategi syariah marketing dapat digunakan untuk membantu suatu usaha mencapai tujuan dan memperkuat posisi dalam pasar, sehingga mampu menjadikan usaha yang berkelanjutan dengan prinsip syariah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi syariah marketing yang dilakukan oleh Bengkel Kriya Daun 9996 Surabaya dalam menjalankan usahanya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini yang menjadi informan yaitu pemilik usaha, staff, karyawan, dan pelanggan Bengkel Kriya Daun 9996 Surabaya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemilik Bengkel Kriya Daun 9996 Surabaya telah menerapkan strategi syariah marketing dalam kegiatan usahanya. Prinsip-prinsip syariah marketing meliputi: change, competitor, customer, company, segmentation, targeting, positioning, differentiation, marketing mix 4P, selling, brand, service, process, inspiration, culture, dan institution. Namun, untuk penerapan budaya dalam berbusana yang seragam belum dilakukan karena untuk mengurangi biaya operasional mengingat SDM yang bekerja cukup sedikit dan pengendalian organisasi yang dilakukan juga belum optimal karena kekurangan SDM, akan tetapi mengatasi budaya dalam berbusana pemilik mengharuskan karyawan untuk berpakaian rapi dan sopan serta untuk pengendalian organisasi agar bekerja secara efektif dilakukan dengan dibantu pihak keluarga. Penerapan prinsip-prinsip syariah marketing telah memberikan dampak positif terhadap perubahan meningkatakan omzet penjualan yang mencapai sesuai target. Penelitian ini memberikan saran kepada pemilik Bengkel Kriya Daun 9996 Surabaya agar dapat mempertahankan prinsip syariah marketing dalam setiap aktivitas usahanya. Serta diharapkan mampu mengembangkan potensi usahanya dan menambah sumber daya manusia yang kompeten untuk meningkatkan kinerja usaha.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khotimah, Siti Khusnulskhusnul998@gmail.com08040420164
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKalimah, Sitisiti.kalimah@uinsa.ac.id198707272022032001
Subjects: Pemasaran
Wirausaha
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Unnamed user with email skhusnul998@gmail.com
Date Deposited: 10 Jun 2025 08:35
Last Modified: 10 Jun 2025 08:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/80924

Actions (login required)

View Item View Item