Konsep pendidikan Islam perspektif KH Bisri Musthofa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Bahja, Ahmad Wildan Thobibi (2024) Konsep pendidikan Islam perspektif KH Bisri Musthofa. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Wildan Thobibi Bahja_02040822008.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ahmad Wildan Thobibi Bahja_02040822008_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 June 2028.

Download (2MB)

Abstract

Kajian tentang gagasan pendidikan Islam yang dilandasi oleh pemikiran KH. Bisri Musthofa dirasa sangat perlu dilakukan guna menjawab persoalan pendidikan karakter, kebangsaan serta pemahaman teologis yang kerap menyulut radikalisasi dan aksi ekstremisme di Indonesia. Dalam kajian ini, peneliti akan mengkaji pemikiran KH. Bisri Musthofa terkait konsep pendidikan Islam. Penelitian ini memiliki dua rumusan masalah, yaitu: (1) Bagaimana konsep pendidikan Islam perspektif KH. Bisri Musthofa, dan (2) Apa nilai-nilai pendidikan Islam perspektif KH. Bisri Musthofa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Medeskripsikan konsep pendidikan Islam perspektif KH. Bisri Musthofa, dan (2) Mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan Islam perspektif KH. Bisri Musthofa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis telaah kepustakaan (library research). pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, sedangkan teknik analisis datanya dilakukan dengan analisis isi (content analysis). ada enam tahapan dalam metode analisis isi yaitu: unitizing, sampling, recording, reducing, abductively infering, narating. Selain itu penulis juga melihat dalam mengelobarasi konsep pendidikan Islam KH. Bisri Musthofa. Hasil penelitian menunjukan bahwa konsep pendidikan Islam menurut KH. Bisri Musthofa terfokus dalam beberapa bagian sebagaimana berikut: Pertama, Tujuan pendidikan. Kedua, Kurikulum pendidikan. Ketiga, Pendidik. Keempat, Peserta didik. Kelima, Media pembelajaran. Adapun nilai-nilai pendidikan Islam yang digagas oleh KH. Bisri Musthofa meliputi beberapa nilai. Diantaranya yaitu; Pendidikan Islam moderat dan Pendidikan karakter dan kebangsaan yang teringkas sebagaimana berikut: Pertama, Integrasi: kemandirian, tanggung jawab, dan qana’ah. Kedua, Keseimbangan: cinta tanah air, cinta damai, dan menghormati orang lain. Ketiga, Kebebasan dan kesetaraan: jujur, adil, dan optimis. Keempat, Kemaslahatan dan keutamaan: beradab, disiplin, sabar, tawadhu’, dan kesadaran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Bahja, Ahmad Wildan Thobibimaztebhe74@gmail.com02040822008
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMas'ud, Aliali.masud@uinsby.ac.id2023016301
Thesis advisorSuyudi, Muhammadsuyudi.insuri@gmail.com2001045703
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Materi
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Pendidikan Islam; KH. Bisri Musthofa
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ahmad Wildan Thobibi Bahja
Date Deposited: 16 Jun 2025 07:14
Last Modified: 16 Jun 2025 07:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/81052

Actions (login required)

View Item View Item