Pengaruh kualitas layanan dan kualitas pembelajaran terhadap keputusan orang tua dalam memilih sekolah di SD Islam Al-Chusnaini Sukodono Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aminulloh, Achmad Nadhir (2025) Pengaruh kualitas layanan dan kualitas pembelajaran terhadap keputusan orang tua dalam memilih sekolah di SD Islam Al-Chusnaini Sukodono Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Achmad Nadhir Aminulloh_06020321020.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Achmad Nadhir Aminulloh_06020321020_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 June 2028.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Pengaruh Kualitas Layanan dan Kualitas Pembelajaran Terhadap Keputusan Orang Tua dalam Memilih Sekolah di SD Al-Chusnaini. Penelitian ini bertujuan untuk 1.) Mengetahui pengaruh kualitas layanan terhadap keputusan orang tua dalam memilih sekolah di SD Islam Al-Chusnaini Sukodono Sidoarjo, 3.) Mengetahui pengaruh kualitas pembelajaran terhadap keputusan orang tua dalam memilih sekolah di SD Islam Al-Chusnaini Sukodono Sidoarjo, 3.) Mengetahui kualitas layanan dan kualitas pembelajaran terhadap keputusan orang tua dalam memilih sekolah di SD Islam Al-Chusnaini Sukodono Sidoarjo. Teori yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori Tjiptono, Gregorius, dan Jonathan Ivy yang menyatakan bahwa kualitas layanan dan kualitas pembelajaran berpengaruh terhadap keputusan orang tua dalam memilih sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik simple random sampling. Populasi penelitian ini adalah seluruh orang tua atau wali murid di SD Islam Al-Chusnaini Sukodono Sidoarjo yang berjumlah 652 orang tua dengan sampel 42 orang tua. Teknik pengumpulan data melalui angket atau kuesioner. Teknik analisis data menggunakan uji validitas dan reliabilitas, teknik uji asumsi klasik dan uji regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kualitas layanan di SD Islam Al-Chusnaini berpengaruh signifikan terhadap keputusan orang tua dalam memilih sekolah ditunjukkan dengan nilai t hitung sebesar 4.078, yang lebih besar dari t tabel, dengan nilai signifikansi sebesar 0.000 (<0.05), sehingga dapat dinyatakan bahwa kualitas layanan yang baik dapat mempengaruhi keputusan orang tua dalam memilih sekolah. (2) Kualitas pembelajaran di SD Islam Al-Chusnaini berpengaruh signifikan terhadap keputusan orang tua dalam memilih sekolah, ditunjukkan dengan hasil nilai t hitung sebesar 4.987, yang lebih besar dari t tabel, dengan nilai signifikansi sebesar 0.000 (<0.05). Artinya bahwa kualitas pembelajaran dapat mempengaruhi keputusan orang tua sebesar 1.863. (3) Kualitas layanan dan kualitas pembelajaran di SD Islam Al-Chusnaini memberikan kontribusi signifikan terhadap keputusan orang tua dalam memilih sekolah sebesar 139.888 dengan Sig. yang sangat rendah (0.000), jauh lebih kecil dari 0.05.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aminulloh, Achmad Nadhirachmadaminuloh@gmail.com06020321020
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMustofa, Alialimustofa@uinsby.ac.id2025127601
Thesis advisorFauzi, Ahmadahmad.fauzi@uinsa.ac.id2025057904
Subjects: Manajemen Pendidikan
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Kualitas layanan; kualitas pembelajaran; keputusan orang tua
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Achmad Nadhir aminuloh
Date Deposited: 17 Jun 2025 01:52
Last Modified: 17 Jun 2025 01:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/81078

Actions (login required)

View Item View Item