This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Hidayanti, Deby Nur (2023) Pemanfaatan aplikasi Google Meet dalam pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Deby Nur Hidayanti_D07217004 OK.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Deby Nur Hidayanti_D07217004 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 19 June 2028. Download (2MB) |
Abstract
Pada masa pandemi Covid 19 telah merubah proses pembelajaran yang awalnya belajar tatap muka di sekolah, kini harus melakukan pembelajaran jarak jauh. Agar pembelajaran tetap berjalan dengan baik, maka harus memanfaatkan teknologi menggunakan aplikasi tertentu, salah satunya adalah Google Meet. Google Meet adalah aplikasi Video Call yang bisa diikuti oleh banyak peserta dan dapat memberikan suasana layaknya di kelas. Salah satu sekolah yang menggunakan aplikasi tersebut adalah MIN 2 Sidoarjo. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian tersebut agar dapat mengetahui bagaimana pemanfaatan aplikasi Google Meet tersebut khususnya pada materi Tema 4 subtema 3 pembelajaran 2. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan aplikasi Google Meet, mengetahui respon peserta didik dalam menggunakan aplikasi tersebut, serta mengetahui kendala dan solusi dalam pembelajaran tematik tema 4 subtema 3 pembelajaran 2. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang hasil penelitiannya dibuat dalam bentuk deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Prosedur pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisa kualitatif yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi Google Meet dalam pembelajaran tematik tema 4 subtema 3 pembelajaran 2 yakni guru menggunakan fitur-fitur yang telah disediakan oleh Google meet. Sebanyak 24 siswa hadir dalam pembelajaran, hal ini membuktikan bahwa aplikasi Google Meet mudah diakses, namun hanya 10 siswa yang aktif dalam pembelajaran karena suara guru terputus-putus saat membacakan cerita dan akun siswa keluar dengan sendirinya. Kendala yang didapat adalah suara kurang terdengar ketika guru membacakan cerita, dan kurang maksimalnya penggunaan fitur saat menjelaskan tata cara pembuatan cerita bergambar. Solusinya yaitu membagikan file materi dan rekaman pembelajaran, menggunakan fitur whiteboard untuk menjelaskan contoh cerita bergambar, pelatihan khusus terkait penggunaan aplikasi Google Meet.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Guru Minat Siswa Pendidikan |
||||||||||||
Keywords: | Google Meet; Daring; Covid-19; Pembelajaran Tematik | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Deby Hidayanti | ||||||||||||
Date Deposited: | 19 Jun 2025 00:59 | ||||||||||||
Last Modified: | 19 Jun 2025 00:59 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/81144 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |