تطبيق نموذج التعليم والتعلم السياقي (CTL)نوع الخرائط الذهنية في تعلم مهارة القراءة لدى الطلبة الصف السابع بمدرسة المتوسطة الإسلامية الفلاح بربولنجو.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Halimatussa'diyah, Halimatussa'diyah (2025) تطبيق نموذج التعليم والتعلم السياقي (CTL)نوع الخرائط الذهنية في تعلم مهارة القراءة لدى الطلبة الصف السابع بمدرسة المتوسطة الإسلامية الفلاح بربولنجو. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Halimatussa'diyah_06020221038 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Halimatussa'diyah_06020221038 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 June 2028.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Contextual Teaching and Learning tipe mind mapping berjalan secara efektif dan mampu menarik perhatian siswa. Respon siswa terhadap metode ini sangat positif; mereka merasa lebih termotivasi, lebih mudah memahami isi bacaan, serta mengalami peningkatan dalam keterampilan membaca. Penelitian ini juga menemukan sejumlah manfaat, antara lain adanya presentasi yang interaktif, penguatan kerja sama kelompok, dan meningkatnya partisipasi siswa dalam proses pembelajaran. Meskipun demikian, terdapat beberapa kendala, seperti belum semua siswa terbiasa menggunakan mind mapping serta adanya tantangan dalam pengelolaan waktu Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa metode pembelajaran CTL tipe mind mapping dapat menjadi pendekatan yang inovatif dalam pengajaran bahasa Arab, khususnya dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Halimatussa'diyah, Halimatussa'diyahatuss2406@gmail.com06020221038
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNajib, Aanaannajib@gmail.com2015105902
Thesis advisorSyafi'i, Syafi'isyafii2121@gmail.com2018107002
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Guru
Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Keywords: Metode Pembelajaran Contextual Teaching and Learning; Tipe Mind Mapping; Keterampilan Membaca; Pembelajaran Bahasa Arab.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Halimatussa'diyah Halimatussa'diyah
Date Deposited: 24 Jun 2025 20:22
Last Modified: 24 Jun 2025 20:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/81176

Actions (login required)

View Item View Item