فعالية تطبيق نموذج التعليم ASSURE (Analyze, State, Select, Utilize, Require, Evaluation) بوسيلة Lumio By Smart لترقية مهارة القراءة لطلاب الصف الثامن في المدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية 2 سيدوارجو

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nofianti, Suci (2025) فعالية تطبيق نموذج التعليم ASSURE (Analyze, State, Select, Utilize, Require, Evaluation) بوسيلة Lumio By Smart لترقية مهارة القراءة لطلاب الصف الثامن في المدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية 2 سيدوارجو. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Suci Nofianti_06030221068 OK.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Suci Nofianti_06030221068 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 June 2028.

Download (4MB)

Abstract

Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen. Peneliti menggunakan dua kali pengukuran yaitu sebelum dan setelah penerapan model pembelajaran ASSURE (Analyze, State, Select, Utilize, Require, Evaluation) dengan media Lumio by Smart pada maharah qiroah. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII E dan kelas VIII F MTsN 2 Sidoarjo sebanyak 64 siswa dan teknik pengambilan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, tes serta dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya efektivitas penerapan model pembelajaran ASSURE (Analyze, State, Select, Utilize, Require, Evaluation) dengan media Lumio by Smart untuk meningkatkan keterampilan membaca yaitu berdasarkan nilai pretest pada kelas eksperimen mencapai 73,59. Adapun nilai pretest pada kelas kontrol mencapai 71,13. Dan dibandingkan dengan nilai hasil posttest pada kelas eksperimen yang mencapai 78,78. Adapun nilai Posttest pada kelas kontrol yang mencapai 73,72. Dan hasil dari Effect Size Cohen’s d menunjukkan nilai untuk keterampilan membaca sebesar 0,666. Hal ini menunjukkan adanya efektivitas yang sedang dalam penerapan model pembelajaran model pembelajaran ASSURE (Analyze, State, Select, Utilize, Require, Evaluation) dengan media Lumio by Smart untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas VIII MTsN 2 Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nofianti, Sucisucinofianti27@gmail.com06030221068
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAliwafa, Aliwafaaliwafa@uinsby.ac.id2029016802
Thesis advisorSyarifah, Ainunainunsyarifah@uinsby.ac.id2012067802
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan
Keywords: Model Pembelajaran ASSURE (Analyze, State, Select, Utilize, Require; Evaluation; Media Lumio by Smart; Keterampilan Membaca.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Suci Nofianti
Date Deposited: 24 Jun 2025 20:53
Last Modified: 24 Jun 2025 20:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/81270

Actions (login required)

View Item View Item