فعالية استخدام وسيلة الكتيب بلعبة Froggy Jumps لترقية مهارتي القراءة والكتابة لطلاب الصف الثامن في المدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية ٤ جومبانج

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Munawwaroh, Siti Nafilatul (2025) فعالية استخدام وسيلة الكتيب بلعبة Froggy Jumps لترقية مهارتي القراءة والكتابة لطلاب الصف الثامن في المدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية ٤ جومبانج. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Nafilatul Munawwaroh_06040221090 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Siti Nafilatul Munawwaroh_06040221090 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 June 2028.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan media Pocket Book berbasis permainan Froggy Jumps untuk meningkatkan keterampilan membaca dan menulis siswa kelas VIII di MTsN 4 Jombang. Hasil tes awal (pre-test) menunjukkan tingkat keterampilan yang rendah pada kedua kemampuan tersebut di kalangan siswa. Setelah itu, diterapkan metodologi pembelajaran inovatif yang mencakup membaca, menyelesaikan soal, dan bermain secara interaktif menggunakan media yang disebutkan. Hasil tes akhir (post-test) menunjukkan peningkatan yang signifikan dan jelas dalam kinerja kelompok eksperimen dibandingkan dengan kelompok kontrol. Dalam keterampilan membaca, persentase siswa yang diklasifikasikan "sangat baik" dalam kelompok eksperimen mencapai 90.9%, dengan nilai N-Gain "efektif" sebesar 80.3299. Sedangkan nilai N-Gain untuk kelompok kontrol adalah 16.4276, yang diklasifikasikan "tidak efektif". Mengenai keterampilan menulis, 90.9% siswa kelompok eksperimen mencapai tingkat "sangat baik", dengan nilai N-Gain sebesar 79.5888 "efektif", dibandingkan dengan 15.1218 "tidak efektif" untuk kelompok kontrol. Hasil ini menegaskan bahwa penggunaan media buku saku dengan permainan Froggy Jumps memiliki dampak yang efektif dan positif dalam mengembangkan keterampilan membaca dan menulis dalam bahasa Arab. Media ini juga menyediakan pengalaman belajar yang lebih menarik dan interaktif, sehingga menghasilkan capaian akademik yang lebih baik. Hasil ini sejalan dengan rekomendasi penggunaan media pembelajaran inovatif untuk meningkatkan pembelajaran bahasa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Munawwaroh, Siti Nafilatulsitinafilatul61@gmail.com06040221090
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuflihah, Muflihahmuflihah@uinsby.ac.id2012067602
Thesis advisorBaihaqi, Muhammadbaihaqi.sby@gmail.com2020027401
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Metode Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan > Media
Keywords: Media Pocket Book; Permainan Froggy Jumps; Keterampilan Membaca dan Menulis.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Siti Nafilatul Munawwaroh
Date Deposited: 24 Jun 2025 08:05
Last Modified: 24 Jun 2025 08:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/81303

Actions (login required)

View Item View Item