تحليل مشكلات التعلم المتمايزعلى أساس استعداد الطلاب في تعلم اللغة العربية لدى طلاب الفصل العاشر في المدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية بسيدوارجو

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arrofu, Lita (2025) تحليل مشكلات التعلم المتمايزعلى أساس استعداد الطلاب في تعلم اللغة العربية لدى طلاب الفصل العاشر في المدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية بسيدوارجو. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lita Arrofu _ 06040221081 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Lita Arrofu _ 06040221081 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 June 2028.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis problematika dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan kesiapan belajar siswa kelas X di MAN Sidoarjo. Agar dapat memberikan solusi supaya guru dapat memberikan pembelajaran yang bervariatif dan dapat mengakomodir seluruh kebutuhan siswa. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa: angket, yang disebarkan kepada siswa guna memperoleh gambaran umum mengenai kesiapan belajar serta pemahaman dan persepsi mereka terhadap pembelajaran berdiferensiasi, wawancara, yang dilaksanakan terhadap guru mata pelajaran bahasa arab untuk menggali informasi secara lebih komprehensif terkait pengalaman serta kendala dalam proses pembelajaran, observasi, yang dilakukan di dalam kelas untuk mengamati secara nyata praktik pembelajaran berdiferensiasi, dan, dokumentasi, yang mencakup analisis terhadap perangkat pembelajaran, portofolio siswa, serta dokumen pendukung lainnya. Teknik analisis data dalam penelitian ini mencakup tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan beberapa kendala utama, yaitu: keterbatasan pemahaman dan keterampilan guru, keterbatasan waktu dalam merancang pembelajaran; dan kurangnya partisipasi aktif siswa. Sebagai solusi, penelitian ini merekomendasikan: memperluas wawasan guru mengenai metode pembelajaran, mengikuti pelatihan atau workshop, membangun kolaborasi antarguru, memanfaatkan media digital, serta, menerapkan pendekatan personal. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam peningkatan efektivitas pembelajaran berdiferensiasi di madrasah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arrofu, Litalitaarr9@gmail.com06040221081
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNu'man, Mohammadbuya.numan@gmail.com2022026901
Thesis advisorJannah, Ida Miftakhulidamj@uinsby.ac.id2006088002
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan
Keywords: Problematika; Pembelajaran Berdiferensiasi; Kesiapan Belajar.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Lita Arrofu
Date Deposited: 25 Jun 2025 02:09
Last Modified: 25 Jun 2025 02:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/81320

Actions (login required)

View Item View Item