This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Arrofu, Lita (2025) تحليل مشكلات التعلم المتمايزعلى أساس استعداد الطلاب في تعلم اللغة العربية لدى طلاب الفصل العاشر في المدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية بسيدوارجو. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Lita Arrofu _ 06040221081 OK.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Lita Arrofu _ 06040221081 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 25 June 2028. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis problematika dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan kesiapan belajar siswa kelas X di MAN Sidoarjo. Agar dapat memberikan solusi supaya guru dapat memberikan pembelajaran yang bervariatif dan dapat mengakomodir seluruh kebutuhan siswa. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa: angket, yang disebarkan kepada siswa guna memperoleh gambaran umum mengenai kesiapan belajar serta pemahaman dan persepsi mereka terhadap pembelajaran berdiferensiasi, wawancara, yang dilaksanakan terhadap guru mata pelajaran bahasa arab untuk menggali informasi secara lebih komprehensif terkait pengalaman serta kendala dalam proses pembelajaran, observasi, yang dilakukan di dalam kelas untuk mengamati secara nyata praktik pembelajaran berdiferensiasi, dan, dokumentasi, yang mencakup analisis terhadap perangkat pembelajaran, portofolio siswa, serta dokumen pendukung lainnya. Teknik analisis data dalam penelitian ini mencakup tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan beberapa kendala utama, yaitu: keterbatasan pemahaman dan keterampilan guru, keterbatasan waktu dalam merancang pembelajaran; dan kurangnya partisipasi aktif siswa. Sebagai solusi, penelitian ini merekomendasikan: memperluas wawasan guru mengenai metode pembelajaran, mengikuti pelatihan atau workshop, membangun kolaborasi antarguru, memanfaatkan media digital, serta, menerapkan pendekatan personal. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam peningkatan efektivitas pembelajaran berdiferensiasi di madrasah.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Pendidikan > Bahasa Arab Pendidikan |
||||||||||||
Keywords: | Problematika; Pembelajaran Berdiferensiasi; Kesiapan Belajar. | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||||||
Depositing User: | Lita Arrofu | ||||||||||||
Date Deposited: | 25 Jun 2025 02:09 | ||||||||||||
Last Modified: | 25 Jun 2025 02:09 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/81320 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |