فعالية تطبيق خدمات التعليم المتمايز القائم على المحتوى باستخدام وسيلة edpuzzle لترقية مهارة الاستماع والكلام لطلاب الفصل الثامن بالمدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية 1 سورابايا

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Rika Triambarwati Diria (2025) فعالية تطبيق خدمات التعليم المتمايز القائم على المحتوى باستخدام وسيلة edpuzzle لترقية مهارة الاستماع والكلام لطلاب الفصل الثامن بالمدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية 1 سورابايا. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rika Triambarwati Diria Putri_06020221056 OK.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Rika Triambarwati Diria Putri_06020221056 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 June 2028.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui kemampuan menyimak dan berbicara siswa kelas VIII di MTs Negeri 1 Surabaya. 2) Mengetahui implementasi layanan pembelajaran berdiferensiasi berbasis konten melalui media edpuzzle untuk meningkatkan kemampuan menyimak dan berbicara siswa kelas VIII di MTs Negeri 1 Surabaya. 3) Mengetahui efektivitas implementasi layanan pembelajaran berdiferensiasi berbasis konten melalui media edpuzzle untuk meningkatkan kemampuan menyimak dan berbicara siswa kelas VIII di MTs Negeri 1 Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitaif dengan jenis penelitian eksperimen. Peneliti menggunakan dua kali tes yaitu sebelum dan setelah penerapan pembelajaran berdiferensiasi konten dengan media pembelajaran edpuzzle pada maharah istima’ dan kalam. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A MTs Negeri 1 Surabaya sebanyak 29 siswa dan teknik pengambilan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, test, dan dokumentasi. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media edpuzzle terhadap pembelajaran berdiferensiasi berbasis konten cukup efektif untuk meningkatkan kemampuan menyimak dan berbicara yaitu berdasarkan nilai pre test mencapai 62,25 untuk maharah istima dan 62,11 untuk maharah kalam, dibandigkan dengan nilai hasil post test mencapai 79,56 untuk maharah istima’ dan 78,82 untuk maharah kalam. Hasil dari Uji N-Gain menunjukkan nilai sebesar 0,5854 yang berada di antara 0,3 ≤ g < 0,7. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media edpuzzle terhadap pembelajaran berdiferensiasi berbasis konten cukup efektif untuk meningkatkan kemampuan menyimak dan siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Rika Triambarwati Diriarikatriambar21@gmail.com06020221056
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHanifah, Umiumihanifah@uinsa.ac.id2028097802
Thesis advisorAzhari, Saefullahsaefullah652@gmail.com2014086502
Subjects: Bahasa Arab
Keterampilan
Metode Pembelajaran
Keywords: Edpuzzle; Pembelajaran Berdiferensiasi; Keterampilan Menyimak dan Berbicara
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Rika Triambarwati Diria Putri
Date Deposited: 25 Jun 2025 12:29
Last Modified: 25 Jun 2025 12:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/81351

Actions (login required)

View Item View Item