This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Damayanti, Dewina Rakhma Alfina (2025) Pemanfaatan media digital untuk menumbuhkan motivasi belajar peserta didik pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti di SMP Negeri 35 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Dewina Rakhma Alfina Damayanti_D06020121040 ok.pdf Download (653kB) |
![]() |
Text
Dewina Rakhma Alfina Damayanti_D06020121040 full.pdf Restricted to Repository staff only until 7 June 2028. Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pemanfaatan media digital untuk menumbuhkan motivasi belajar peserta didik pada pelajaran pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti di SMP Negeri 35 Surabaya. Fokus utama dari penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar peserta didik, yang disebabkan oleh predominasi metode pembelajaran konvensional dan belum efektifnya integrasi teknologi dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kualitatif dengan jenis studi fenomenologis. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti, serta peserta didik kelas VIII. Fokus utama dari penelitian ini adalah penerapan media digital dalam konteks proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media digital, seperti video edukatif, aplikasi pembelajaran, dan kuis berbasis digital, memiliki dampak positif terhadap motivasi belajar peserta didik. Peserta didik menunjukkan tingkat keterlibatan yang lebih tinggi dan peningkatan semangat belajar. Faktor-faktor yang mendukung keberhasilan pemanfaatan media digital ini antara lain ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai di sekolah, keterkaitan materi dengan kehidupan sehari-hari, serta kreativitas guru dalam menyampaikan pembelajaran. Namun, terdapat beberapa kendala yang dihadapi, termasuk akses terbatas terhadap teknologi digital bagi sebagian peserta didik serta beban akademik yang padat. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan media digital menjadi sarana strategis untuk menumbuhkan motivasi belajar melalui penyampaian pembelajaran yang lebih interaktif, menyenangkan, dan relevan. Oleh sebab itu, disarankan agar sekolah memperluas akses teknologi dan memberikan pelatihan kepada guru, serta bagi peneliti selanjutnya untuk mengembangkan riset dengan menelaah lebih banyak jenis media digital dalam konteks dan jenjang pendidikan yang berbeda.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Agama Motivasi Belajar |
||||||||||||
Keywords: | Pemanfaatan media digital; motivasi belajar; Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Dewina Rakhma Alfina Damayanti | ||||||||||||
Date Deposited: | 26 Jun 2025 04:57 | ||||||||||||
Last Modified: | 26 Jun 2025 04:57 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/81368 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |