Pengaruh permainan gelas terhadap gangguan kecemasan siswa kelas 2 i MI Ar Rohmah Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Qiyamullaily, Aliffiyaa Jihan (2025) Pengaruh permainan gelas terhadap gangguan kecemasan siswa kelas 2 i MI Ar Rohmah Bojonegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aliffiyaa Jihan Qiyamullaily_06040721085 ok.pdf

Download (338kB)
[img] Text
Aliffiyaa Jihan Qiyamullaily_06040721085 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 11 June 2028.

Download (6MB)

Abstract

Studi yang dilakukan oleh Kaukus Masyarakat Peduli Kesehatan Jiwa menunjukkan bahwa prevalensi gangguan mental di Indonesia meningkat pada tahun 2024. Angka gangguan kecemasan naik menjadi 16%, sementara gangguan depresi meningkat menjadi 17,1%. Sebelumnya, menurut data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018, gangguan kecemasan tercatat hanya 9,8% dan depresi sebesar 6%. Pada saat wawancara dengan guru kelas 2 MI Ar-Rohmah di Bojonegoro, guru mengungkapkan bahwa terdapat sekitar lima siswa yang menunjukkan perilaku dengan ciri-ciri kecemasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan gelas terhadap gangguan kecemasan pada siswa kelas 2 di MI Ar – Rohmah Bojonegoro. Jenis pendekatan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode one group pretest posttest. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah menggunakan pretest dan postest. Teknik analisi data yang digunakan adalah uji Wilcoxon signed rank test menggunakan SPSS. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas 2 di MI Ar – Rohmah Bojonegoro dengan jumlah populasi 10 siswa. Hasil penelitian ini memiliki Nilai Z yang diperoleh dari lima kali pengukuran berada dalam rentang -2,850 hingga -2,970, dengan nilai signifikansi (Asymp. Sig. 2-tailed) sebesar 0,003 hingga 0,004. Karena nilai signifikansi yang diperoleh lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 (p < 0,05). Hasil analisis menunjukkan tingkat kecemasan awal sebelum dilakukan intervensi sebesar 50,42%, lalu setelah dilakukan intervensi permainan permainan gelas selama 5 hari terjadi penurunan tingkat kecemasan sebesar 11,99%. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest tingkat kecemasan siswa. Dengan demikian, permainan gelas secara statistik terbukti efektif dalam menurunkan gangguan kecemasan pada siswa

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Qiyamullaily, Aliffiyaa Jihanjihanaliffiyaa@gmail.com06040721085
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukhoiyaroh, Mukhoiyarohmukhoiyaroh@uinsa.ac.id2009047302
Thesis advisorChasanah, Uswatunuswatunchasanah@uinsby.ac.id89878786
Subjects: Anak
Pendidikan
Keywords: Permainan gelas; gangguan kecemasan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aliffiyaa Jihan Qiyamullaily
Date Deposited: 26 Jun 2025 08:22
Last Modified: 26 Jun 2025 08:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/81437

Actions (login required)

View Item View Item