Pengaruh penggunaan perpustakaan sekolah terhadap hasil belajar peserta didik kelas III pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di MI NU Waru 2 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sa'diyah, Rissa Rifqotus (2025) Pengaruh penggunaan perpustakaan sekolah terhadap hasil belajar peserta didik kelas III pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di MI NU Waru 2 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rissa Rifqotus Sa'diyah_06020721060 OK.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Rissa Rifqotus Sa'diyah_06020721060 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 June 2028.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh sedikitnya guru yang menggunakan perpustakaan sekolah untuk proses pembelajaran. Fakta tersebut tidak selaras dengan teori fungsi pendidikan yang sesuai dengan Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 pasal 3 tentang perpustakaan, yang mana seharusnya perpustakaan dimanfaatkan untuk pembelajaran karena adanya media dan fasilitas untuk menyampaikan pengetahuan serta wawasan. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan perpustakaan sekolah terhadap hasil belajar peserta didik kelas III pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di MI NU Waru 2 Sidoarjo. Penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis korelasional. Dimana penggunaan perpustakaan sekolah (X) menjadi variabel independen dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia (Y) menjadi variabel dependen. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas III MI NU Waru 2 Sidoarjo yang berjumlah 56 dan sampel diambil menggunakan teknik random sampling yang berjumlah 30 peserta didik. Peneliti memilih teknik pengumpulan data variabel independen melalui angket dan variabel dependen melalui tes. Sedangkan teknik analisis data guna menguji hipotesis menggunakan teknik hitung regresi linier sederhana dengan bantuan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,00 sedangkan taraf signifikansi sebesar 0,05, karena nilai signifikansi lebih kecil dari taraf signifikansi atau 0,00 < 0,05 maka H0 ditolak atau Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwasanya ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan perpustakaan sekolah terhadap hasil peserta didik kelas III pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di MI NU Waru 2 Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sa'diyah, Rissa Rifqotusrissarifqotus@gmail.com06020721060
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFarisia, Hernikhernikfarisia@uinsby.ac.id2008088301
Thesis advisorSyaifuddin, Radensyaifuddinraden450@gmaol.com2007047501
Subjects: Bahasa Indonesia
Pendidikan > Hasil Belajar
Perpustakaan
Keywords: Perpustakaan Sekolah; Hasil Belajar; Bahasa Indonesia.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rissa Rifqotus Sa'diyah
Date Deposited: 28 Jun 2025 06:23
Last Modified: 28 Jun 2025 06:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/81442

Actions (login required)

View Item View Item