This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Salsabillah, Shafa Tasya (2025) Pembentukan kepribadian melalui interaksi sosial di kalangan anak usia prasekolah dengan orang tua tunarungu pada komunitas pengajian tunarungu di Kelurahan Wonokromo, Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Shafa Tasya Salsabillah_10020320070.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Shafa Tasya Salsabillah_10020320070_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 9 July 2028. Download (3MB) |
Abstract
Fenomena interaksi sosial anak usia prasekolah dengan orangtua tunarungu menjadi salah satu kajian menarik. Beberapa penelitian sebelumnya membahas fenomena tentang interaksi sosial penyandang tunarungu. Masih sangat sedikit penelitian yang mengkaji bagaimana interaksi sosial anak prasekolah dengan orangtua tunarungu. Berdasar latar belakang tersebut, penelitian ini berfokuskan strategi dan hasil yang dijumpai orangtua tunarungu dalam pembentukan kepribadian melalui interaksi sosial anak prasekolah, serta kondisi anak dalam berinteraksi sosial dari orang tua tunarungu pada teman sebaya dan lingkungan sekitar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif agar dapat mendeskripsikan lebih jelas terhadap suatu fenomena. Pengambilan subjek yakni orang tua tunarungu yang berada di komunitas pengajian tunarungu di Surabaya dan memiliki anak usia prasekolah. Penggalian data dengan cara observasi, wawancara dan juga dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teori interaksionisme simbolik oleh George Herbert Mead digunakan untuk analisis dalam pembahasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak usia perasekolah yang diasuh oleh orang tua tunarungu menunjukkan kemampuan dalam berinteraksi sosial, mengenali dan mengungkapkan emosi, serta menunjukkan kemandirian dalam berbagai aktivitas sederhana. Orang tua menerapkan pola pengasuhan yang disesuaikan dengan kondisi mereka, melalui komunikasi yang sesuai, pemberian arahan secara sabar dan berulang, serta dukungan dari anggota keluarga lainnya. Sehingga dengan berbagai strategi tersebut anak dapat berkembang secara positif.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Anak Orang tua dan Anak Anak > Kepribadian |
||||||||
Keywords: | pola kepribadian; anak prasekolah; orang tua tunarungu; interaksi; fenomenologi; teori interaksionisme simbolik | ||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi | ||||||||
Depositing User: | Shafa Tasya Salsabillah | ||||||||
Date Deposited: | 09 Jul 2025 05:59 | ||||||||
Last Modified: | 09 Jul 2025 06:01 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/81559 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |