Pembentukan kepribadian melalui interaksi sosial di kalangan anak usia prasekolah dengan orang tua tunarungu pada komunitas pengajian tunarungu di Kelurahan Wonokromo, Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Salsabillah, Shafa Tasya (2025) Pembentukan kepribadian melalui interaksi sosial di kalangan anak usia prasekolah dengan orang tua tunarungu pada komunitas pengajian tunarungu di Kelurahan Wonokromo, Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Shafa Tasya Salsabillah_10020320070.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Shafa Tasya Salsabillah_10020320070_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 July 2028.

Download (3MB)

Abstract

Fenomena interaksi sosial anak usia prasekolah dengan orangtua tunarungu menjadi salah satu kajian menarik. Beberapa penelitian sebelumnya membahas fenomena tentang interaksi sosial penyandang tunarungu. Masih sangat sedikit penelitian yang mengkaji bagaimana interaksi sosial anak prasekolah dengan orangtua tunarungu. Berdasar latar belakang tersebut, penelitian ini berfokuskan strategi dan hasil yang dijumpai orangtua tunarungu dalam pembentukan kepribadian melalui interaksi sosial anak prasekolah, serta kondisi anak dalam berinteraksi sosial dari orang tua tunarungu pada teman sebaya dan lingkungan sekitar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif agar dapat mendeskripsikan lebih jelas terhadap suatu fenomena. Pengambilan subjek yakni orang tua tunarungu yang berada di komunitas pengajian tunarungu di Surabaya dan memiliki anak usia prasekolah. Penggalian data dengan cara observasi, wawancara dan juga dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teori interaksionisme simbolik oleh George Herbert Mead digunakan untuk analisis dalam pembahasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak usia perasekolah yang diasuh oleh orang tua tunarungu menunjukkan kemampuan dalam berinteraksi sosial, mengenali dan mengungkapkan emosi, serta menunjukkan kemandirian dalam berbagai aktivitas sederhana. Orang tua menerapkan pola pengasuhan yang disesuaikan dengan kondisi mereka, melalui komunikasi yang sesuai, pemberian arahan secara sabar dan berulang, serta dukungan dari anggota keluarga lainnya. Sehingga dengan berbagai strategi tersebut anak dapat berkembang secara positif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Salsabillah, Shafa Tasyashafatasya038@gmail.com10020320070
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAnshori, Isaisaanshori67@gmail.com2006056701
Subjects: Anak
Orang tua dan Anak
Anak > Kepribadian
Keywords: pola kepribadian; anak prasekolah; orang tua tunarungu; interaksi; fenomenologi; teori interaksionisme simbolik
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Shafa Tasya Salsabillah
Date Deposited: 09 Jul 2025 05:59
Last Modified: 09 Jul 2025 06:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/81559

Actions (login required)

View Item View Item