Strategi guru dalam mengatasi keterbatasan perangkat digital pada pembelajaran PAI di SMP Nurul Huda Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wulandari, Aini (2025) Strategi guru dalam mengatasi keterbatasan perangkat digital pada pembelajaran PAI di SMP Nurul Huda Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aini Wulandari_06010121003 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Aini Wulandari_06010121003 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 June 2028.

Download (1MB)

Abstract

Strategi Guru dalam Mengatasi Keterbatasan Perangkat Digital pada Pembelajaran PAI di SMP Nurul Huda Surabaya. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA). Dosen pembimbing: Ismail Anas, M.Ag., dan M. Nasihuddin, M.Ag. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi guru dalam mengatasi keterbatasan perangkat digital pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Nurul Huda Surabaya. Fokus penelitian meliputi tiga aspek utama: pertama, mengidentifikasi gambaran keterbatasan perangkat digital di SMP Nurul Huda Surabaya; kedua, menganalisis strategi guru dalam mengatasi keterbatasan perangkat digital pada pembelajaran PAI; dan ketiga, mengevaluasi dampak implementasi strategi guru dalam mengatasi keterbatasan perangkat digital terhadap proses pembelajaran PAI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru PAI, siswa, dan kepala sekolah, dan wakil kepala sekolah bagian kurikulum di SMP Nurul Huda Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMP Nurul Huda Surabaya menghadapi keterbatasan perangkat digital berupa minimnya laptop/komputer, jaringan WiFi tidak stabil, terbatasnya proyektor, dan kesenjangan kepemilikan smartphone di kalangan siswa. Guru PAI mengembangkan strategi adaptif melalui pemanfaatan media pembelajaran alternatif, kreativitas dalam penyampaian, serta adaptasi metode pembelajaran kolaboratif. Implementasi strategi tersebut memberikan dampak positif terhadap peningkatan motivasi dan partisipasi siswa, pemahaman materi PAI yang tetap optimal, serta pengembangan kompetensi dan kognitif siswa. Penelitian membuktikan bahwa kreativitas dan adaptabilitas guru menjadi faktor kunci keberhasilan pembelajaran yang lebih menentukan dibandingkan kecanggihan teknologi. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Keterbatasan Perangkat Digital, PAI.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wulandari, Ainiainiw261@gmail.com06010121003
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAnas, Ismailanasismail553@gmail.com--
Thesis advisorNasihuddin, Muhammadnasihuddin245@gmail.com2024116701
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Persepsi Guru
Teknologi
Keywords: Strategi Pembelajaran; Keterbatasan Perangkat Digital; PAI
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aini Wulandari
Date Deposited: 28 Jun 2025 13:02
Last Modified: 28 Jun 2025 13:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/81603

Actions (login required)

View Item View Item