Strategi kampanye politik caleg baru millenial pada Pemilu DPRD Kota Surabaya Tahun 2024

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alfiandi, Refian Dwi (2025) Strategi kampanye politik caleg baru millenial pada Pemilu DPRD Kota Surabaya Tahun 2024. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Refian Dwi Alfiandi_10040120093.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Refian Dwi Alfiandi_10040120093_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 June 2028.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji strategi marketing politik yang diterapkan oleh Alif Iman Waluyo dalam upayanya memenangkan Pemilihan Calon Legislatif Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Surabaya pada Pemilu 2024. Fokus utama dari penelitian ini bagaimana strategi marketing politik alif iman waluyo sebagai calon DPRD muda bisa memenangkan kontestasi politik pada pemilu 2024. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan atau design research studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi lapangan, dan studi dokumentasi terkait kampanye Alif Iman Waluyo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi marketing politik yang diterapkan melibatkan empat elemen utama: (1) Product - Alif Iman Waluyo memposisikan dirinya sebagai kandidat dengan visi dan misi yang relevan dengan kebutuhan dan aspirasi masyarakat Kota Surabaya, serta menonjolkan rekam jejak dan pengalaman politik yang mumpuni; (2) Price - Strategi yang diterapkan dalam hal biaya kampanye dan dukungan finansial, termasuk pengelolaan anggaran dan sumber daya secara efisien; (3) Place - Pemilihan tempat kampanye yang strategis dan pendekatan berbasis lokasi yang mengutamakan daerah-daerah dengan potensi pemilih tinggi; (4) Promotion - Penggunaan media sosial, iklan, dan kegiatan promosi langsung yang kreatif untuk membangun citra dan menarik perhatian pemilih. Penelitian ini juga melihat bagaimana faktor faktor pendukung dan penghambat pencalonan Alif Iman Waluyo di DPRD Kota Surabaya. Imam Waluyo memiliki faktor pendukung seperti diusung oleh partai besar yang menang dalam pemilu, memperoleh dukungan dari mayoritas masyarakat di Dapil V, mencerminkan figur anak muda, fokus terhadap sektor ekonomi yang dibutuhkan masyarakat, dan aktif bermedia sosial. Sedangkan faktor penghambat yang dihadapi oleh Alif Imam Waluyodalam Pemilu ini adalah ketatnya persaingan antar calon legislatif, mispresespsi di berbagai pihak, politik uang dan manajemen waktu yang kurang baik

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alfiandi, Refian Dwirefiandw24@gmail.com10040120093
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuwarko, Andiandisuwarko@uinsa.ac.id2010117401
Subjects: Komunikasi
Partai Politik
Demokrasi
Keywords: Caleg baru millenial; pemilu Legislatif; marketing politik
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Refian Dwi Alfiandi
Date Deposited: 30 Jun 2025 05:25
Last Modified: 30 Jun 2025 05:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/81725

Actions (login required)

View Item View Item