This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Masdi, Salsabila Septiana (2025) Pengaruh media video animasi terhadap pemahaman peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Pancasila kelas IV MI Roudlotul Banat Taman Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Salsabila Septiana Masdi_06010720016.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
Salsabila Septiana Masdi_06010720016_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 4 July 2028. Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan pemahaman peserta didik yang rendah pada mata pelajaran pendidikan pancasila. Pembelajaran Pendidikan Pancasila memiliki peranan penting dalam membentuk karakter dan moral peserta didik di sekolah dasar. Namun, tantangan yang dihadapi dalam proses pembelajaran, seperti kurangnya minat peserta didik dan metode pengajaran yang kurang menarik, mengakibatkan pemahaman peserta didik terhadap materi menjadi kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media video animasi terhadap pemahaman peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Pancasila kelas IV MI Roudlotul Banat Taman Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian Quasi Experiment Design. Populasi pada penelitian ini yakni peserta didik kelas IV di MI Roudlotul Banat Taman Sidoarjo yang terdiri dari 23 peserta didik kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan 23 peserta didik kelas IV B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini diambil dengan menggunakan instrumen test berupa soal pretest dan posttest. Pada teknik pengolahan data, data dianalisis dengan menggunakan analisis statistik, uji normalitas, dan uji hipotesis, uji Paired sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media video animasi mempunyai pengaruh terhadap pemahaman pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Analisis uji T Memperoleh hasil sig (2 tailed) < dari 0,005 yakni 0,000 yang artinya H0 ditolak dan H1 diterima dan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media Video Animasi terhadap peningkatan pemahaman peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas IV MI Roudlotul Banat Taman Sidoarjo.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Pendidikan > Media Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan > Pembelajaran |
||||||||||||
Keywords: | Video animasi; pemahaman; Pendidikan Pancasila | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Salsabila Masdi | ||||||||||||
Date Deposited: | 04 Jul 2025 02:30 | ||||||||||||
Last Modified: | 04 Jul 2025 02:31 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/81813 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |