This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Laily, Ma'rifatul (2025) Komodifikasi hadis: studi atas pemanfaatan hadis nabi dalam pemasaran media sosial. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Ma'rifatul Laily_E75218048.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
Ma'rifatul Laily_E75218048_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 4 July 2028. Download (4MB) |
Abstract
Hadis telah mengalami pergeseran fungsi dalam ruang digital. Ia tidak hanya berperan sebagai sumber ajaran moral dan spiritual, tetapi juga dimanfaatkan sebagai elemen pendukung promosi produk dan citra religius. Konten promosi di media sosial banyak sekali yang memadukan teks agama terutama hadis dengan penawaran produk dan layanan. Namun, dalam banyak kasus, kutipan hadis hanya digunakan sebagai “headline promosi” tanpa ada klarifikasi sanad atau otoritas sumber. Hal ini berpotensi menimbulkan kesalahan pemaknaan dan reduksi makna spiritual hadis. Penelitian ini menggunakan teori komodifikasi media sebagai landasan utama dalam menganalisis bagaimana hadis Nabi dimanfaatkan dalam konten promosi media sosial. Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan analisis isi (content analysis) dan pendekatan living hadis. Penelitian ini hanya dibatasi pada kajian tentang penggunaan hadis Nabi dalam konten promosi dua akun media sosial, yakni akun TikTok @cahayahikmahkita yang mempromosikan parfum sunnah, serta akun Herbal Himalaya yang memasarkan produk madu dengan narasi hidup sehat ala Nabi. Komodifikasi Hadis terjadi ketika pesan keagamaan tidak lagi bertujuan sebagai petunjuk spiritual, melainkan juga sebagai alat membentuk citra merek, menambah kepercayaan pasar dan meningkatkan penjualan. Adapun hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa sebagian konten promosi menggunakan hadis tanpa mencantumkan konteks sanad maupun penjelasan ulama, sehingga hal ini mengaburkan batas antara dakwah, hiburan, dan strategi pemasaran. Oleh karena itu, penelitian ini menegaskan pentingnya etika keilmuan dan literasi keislaman dalam produksi dan konsumsi konten hadis di media digital.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Media Sosial Pemasaran Promosi |
||||||||
Keywords: | Hadis; pemasaran; konten; promosi; media sosial | ||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis | ||||||||
Depositing User: | Ma'rifatul Laily | ||||||||
Date Deposited: | 04 Jul 2025 02:06 | ||||||||
Last Modified: | 04 Jul 2025 02:06 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/81868 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |