Influencer media sosial dan moralitas: analisis akun youtube Nagita Slavina dalam perspektif kewajiban moral Immanuel Kant

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rochma, Nabilatul (2025) Influencer media sosial dan moralitas: analisis akun youtube Nagita Slavina dalam perspektif kewajiban moral Immanuel Kant. Undergraduate thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nabilatul Rochma_07040121092.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Nabilatul Rochma_07040121092_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 14 August 2028.

Download (3MB)

Abstract

Influencer merupakan seseorang yang secara signifikan mempengaruhi audiensnya melalui konten-konten yang mereka hasilkan. Influencer ini sering kali menciptakan tren, mempromosikan produk, dan berbagi opini yang mempengaruhi cara berpikir dan berperilaku pengikutnya dalam media sosial. Influencer seperti Nagita Slavina dipilih karena ia memiliki pengaruh besar dan kontennya banyak ditonton oleh berbagai kalangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk memaparkan nilai-nilai moralitas yang ditampilkan Nagita Slavina dalam tiga konten YouTube @ Rans Entertaiment, yaitu kasus penipuan giveaway, bagi-bagi hadiah kepada karyawan, dan tentang keluarga. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dan library research yang menganalisis isi video YouTube Nagita Slavina dengan pendekatan teori kewajiban moral Immanuel Kant. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam ketiga konten tersebut, Nagita Slavina memperlihatkan nilai-nilai moral seperti nilai kesabaran, kejujuran, kepedulian, kedermawaan, rendah hati, dan tanggung jawab. Berdasarkan teori Immanuel Kant, ketiga konten ini mencerminkan prinsip moral imperatif kategoris. Pertama, formula hukum universal, di mana nilai-nilai moral Nagita Slavina seperti kejujuran dan tanggung jawab layak dijadikan aturan umum. Kedua, formula manusia sebagai tujuan, Nagita Slavina memperlakukan orang lain dengan hormat, bukan sebagai alat. Ketiga, formula otonomi, yaitu tindakan Nagita dilakukan karena kesadaran moral pribadi, bukan karena tekanan atau keuntungan pribadi. Konten Nagita Slavina tidak hanya menghibur akan tetapi juga membawa pesan moral yang sesuai dengan etika Immanuel Kant.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rochma, Nabilatul07040121092@student.uinsby.ac.id07040121092
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIslami, Wildah Nurulwildah.nurul.islami@uinsa,ac,id2023098501
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah

Filsafat > Filsafat Islam
Media Sosial
Keywords: Influencer; moralitas; Nagita Slavina; media sosial; kewajiban moral Immanuel Kant; toutube
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Nabilatul Rochma
Date Deposited: 14 Jul 2025 08:03
Last Modified: 14 Jul 2025 08:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/81879

Actions (login required)

View Item View Item