This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Ishomi, Muhamad Fahrul (2025) Pengaruh penerapan model pembelajaran project based learning terhadap kreativitas siswa dalam mata pelajaran PAI kelas VIII A di SMP IT (Islam Terpadu) Mamba’ul Ulum Mojosari Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Muhamad Fahrul Ishomi_06020121054 OK.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Muhamad Fahrul Ishomi_06020121054 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 3 July 2028. Download (1MB) |
Abstract
M. Fahrul Ishomi, 06020121054. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Projec tBased Learning Terhadap Kreativitas Siswa Dalam Mata Pelajaran PAI Kelas VIII A di SMP IT (Islam Terpadu) Mamba’ul Ulum Mojosari Mojokerto”. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islan Negeri Sunan Ampel Surabaya. Pembimbing Fathur Rohman, M.Ag dan Drs. Abdul Manan, M. Pd. I. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) terhadap kreativitas siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di kelas VIII A SMP IT Mamba’ul Ulum Mojosari Mojokerto. Latar belakang penelitian ini berangkat dari kebutuhan akan pendekatan pembelajaran yang mampu meningkatkan keterlibatan dan kreativitas siswa, hususnya dalam pembelajaran PAI yang sering kali bersifat teoritis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII A, dengan jumlah responden sebanyak 23 siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan PJBL mampu menciptakan pembelajaran yang aktif, menyenangkan, dan bermakna, serta memberikan ruang ekspresi yang lebih luas bagi siswa. Berdasarkan hasil uji regresi linear sederhana, ditemukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara penerapan PJBL terhadap peningkatan kreativitas siswa. Dengan demikian, model PJBL terbukti efektif dalam mendorong siswa untuk berpikir kreatif, kolaboratif, dan mampu menghubungkan nilai-nilai agama dengan kehidupan sehari-hari.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Pendidikan Islam Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar |
||||||||||||
Keywords: | Project Based Learning; kreativitas; Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Muhamad Fahrul Ishomi | ||||||||||||
Date Deposited: | 03 Jul 2025 12:04 | ||||||||||||
Last Modified: | 03 Jul 2025 12:04 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/81937 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |