Pengaruh pendekatan problem based learning (PBL) terhadap peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) peserta didik kelas VIII di SMPN 1 Krian Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Abdillah, Muhammad Ilham (2025) Pengaruh pendekatan problem based learning (PBL) terhadap peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) peserta didik kelas VIII di SMPN 1 Krian Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Ilham Abdillah_06010121021.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Muhammad Ilham Abdillah_06010121021_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 July 2028.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Problem Based Learning (PBL) terhadap peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) peserta didik kelas VIII di SMPN 1 Krian Sidoarjo. Rumusan masalah meliputi: (1) Bagaimana penerapan pendekatan PBL dalam pembelajaran PAI? (2) Bagaimana hasil belajar peserta didik sebelum penerapan pendekatan PBL? (3) Bagaimana pengaruh pendekatan PBL terhadap peningkatan hasil belajar PAI? Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode kuasi-eksperimen dan desain pre-test post-test control group. Populasi penelitian berjumlah 355 peserta didik kelas VIII. Sampel ditentukan secara purposive, dengan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen (35 peserta didik) dan VIII E sebagai kelas kontrol (36 peserta didik). Teknik pengumpulan data meliputi tes, observasi, dan dokumentasi, dengan analisis data menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Penerapan pendekatan PBL terlaksana sangat baik (87%) dengan modul berkualitas tinggi (90%) dan berdampak positif pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotor peserta didik; (2) Terdapat perbedaan signifikan hasil belajar awal antara kelas eksperimen dan kontrol (signifikansi 0,000); dan (3) Pendekatan PBL berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik, dibuktikan dengan hasil regresi linier (signifikansi 0,000) dan nilai N-Gain Score sebesar 0,6233 (kategori sedang–tinggi).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Abdillah, Muhammad Ilhamilhamabdillah4321@gmail.com06010121021
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJazil, Saifuljazilubna@gmail.com2012126901
Thesis advisorRohman, Fathurfathur1173@gmail.com2030117301
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan > Hasil Belajar
Problem Based Instruction
Keywords: Problem Based Learning (PBL); hasil belajar; Pendidikan Agama Islam (PAI)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Ilham Abdillah
Date Deposited: 04 Jul 2025 05:25
Last Modified: 04 Jul 2025 05:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/81941

Actions (login required)

View Item View Item