Efektivitas model pembelajaran team games tournament (TGT) berbantu aplikasi quizwhizzer untuk melatihkan keterampilan kolaborasi dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII UPT SMP Negeri 10 Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Qonita, Maulida (2025) Efektivitas model pembelajaran team games tournament (TGT) berbantu aplikasi quizwhizzer untuk melatihkan keterampilan kolaborasi dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII UPT SMP Negeri 10 Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Qonita Maulida__06031021041 OK.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Qonita Maulida__06031021041 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 12 July 2028.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya rata-rata hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa tidak hanya dipengaruhi oleh kemampuan kognitif, tetapi juga erat kaitannya dengan keterampilan kolaborasi yang dimiliki, hasil observasi keterampilan kolaborasi awal menunjukkan bahwa tergolong rendah. Rendahnya keterampilan kolaborasi ini menjadi salah satu faktor yang memengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) berbantu aplikasi quizwhizzer dalam melatihkan keterampilan kolaborasi dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII di UPT SMP Negeri 10 Gresik. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan desain Quasi-Experiment Two Group Pretest – Posttest Design. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VIII C & VIII D dengan pengambilan sampel Random Sampling. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi keterampilan kolaborasi, tes hasil belajar, serta lembar observasi aktivitas guru dan peserta didik. Analisis hasil tes menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Rata-rata nilai hasil posttest kelas eksperimen adalah 94,44 sedangkan kelas kontrol sebesar 85,18. Uji hipotesis menggunakan independent sample t-test menunjukkan nilai signifikansi 0,043 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikansi antara kedua kelas. Nilai rata-rata N-Gain kelas eksperimen (0,85) berada pada kategori tinggi sedangkan kelas kontrol (0,52) berada pada kategori sedang. Keterampilan kolaborasi siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol, dimana 11 siswa memperoleh kriteria sangat baik dan 16 siswa berada pada kriteria baik pada kelas kontrol sebanyak 8 siswa memperoleh kriteria sangat baik sedangkan 19 siswa masuk dalam kriteria baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Qonita, Maulidaqonitamaulida47@gmail.com06031021041
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhoirotul, Ummahummah3005@gmail.com2030059104
Thesis advisorWahyuni, Fajar Arumwahyuni.fajar.arum@uinsa.ac.id0518039002
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Team Games Tournament; Quizwhizzer; Keterampilan Kolaborasi; Hasil Belajar.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPA
Depositing User: Qonita Maulida
Date Deposited: 12 Jul 2025 14:20
Last Modified: 12 Jul 2025 14:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/81978

Actions (login required)

View Item View Item