This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Shoviana, Ira (2025) Kerjasama peran guru dan orang tua dalam mendampingi anak menghafal al-Qur’an (juz 30) sejak usia 5-6 tahun di RA Muslimat NU 10 Banin-Banat Manyar. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Ira Shoviana_06020921035.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Ira Shoviana_06020921035_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 4 July 2028. Download (2MB) |
Abstract
Proses menghafal Al-Qur’an pada anak usia dini memerlukan pendekatan yang holistik dan sinergis antara peran guru serta orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kerjasama antara guru dan orang tua dalam mendampingi anak usia dini menghafal Al-Qur’an (juz 30) serta faktor-faktor yang mendukung dan menghambat keberhasilannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi terhadap guru dan orang tua di RA Muslimat NU 10 Banin-Banat Manyar Gresik yang menerapkan program tahfidz. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data yang akan digunakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai tujuan utama dari penelitian. Pada metode kualitatif yang digunakan ini sebagai prosedur penelitan yang menghasilkan data deskriptif yang berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kerjasama antara peran guru dan orang tua berkontribusi secara signifikan terhadap pencapaian hafalan anak. Guru berperan dalam membimbing teknik menghafal yang efektif, memberikan motivasi, serta mengontrol perkembangan hafalan anak di lingkungan sekolah. Sementara itu, orang tua memiliki peran dalam menciptakan lingkungan yang kondusif di rumah, mengulang hafalan bersama anak, serta memberikan dorongan emosional. Faktor pendukung dalam kerjasama ini meliputi komunikasi yang baik antara guru dan orang tua, metode pengajaran yang menarik, serta adanya motivasi yang kuat dari anak. Adapun faktor penghambatnya meliputi keterbatasan waktu orang tua, kurangnya pemahaman metode tahfidz yang efektif, serta kurangnya koordinasi antara pihak sekolah dan keluarga. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kerjasama antara peran guru dan orang tua sangat menentukan keberhasilan anak dalam menghafal Al-Qur’an sejak usia dini.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Anak Al Qur'an Orang tua dan Anak |
||||||||||||
Keywords: | Kerjasama; guru; orang tua; menghafal al-Qur’an; anak usia dini | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD) | ||||||||||||
Depositing User: | Ira Shoviana | ||||||||||||
Date Deposited: | 04 Jul 2025 05:13 | ||||||||||||
Last Modified: | 04 Jul 2025 05:13 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/82053 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |