This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Kurnia, Salsa Hilda (2025) Dampak hadiah dan hukuman pada kepercayaan diri anak usia dini di kelompok B RA Muslimat NU 10 Banin-Banat Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Salsa Hilda Kurnia_06040921081.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Salsa Hilda Kurnia_06040921081_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 7 July 2028. Download (3MB) |
Abstract
pendidikan untuk meningkatkan kepercayaan diri anak melalui metode hadiah dan hukuman. Karena setiap anak memiliki karakter dan perilaku yang berbeda-beda. Oleh karena itu, guru menerapkan metode hadiah dan hukuman sebagai salah satu strategi pembelajaran untuk meningkatkan kepercayaan diri yang akan memberikan dampak positif pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui bentuk hadiah dan hukuman pada anak usia dini di kelompok B RA Muslimat NU 10 Banin-Banat Gresik. (2) Mengetahui dampak hadiah dan hukuman pada kepercayaan diri anak usia dini di kelompok B RA Muslimat NU 10 Banin-Banat Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi kelompok B1,B2,B3,B4,B5,B6, wawancara guru kelas kelompok B1,B2,B3,B4,B5,B6, dan dokumentasi dalam bentuk proses pembelajaran dan hasil karya. Data yang dikumpulkan melalui analisis data seperti reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dengan menggunakan trianggulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hadiah yang diterapkan pada anak sangat beragam dari bentuk verbal, nonverbal, hingga hadiah fisik yang meliputi pelukan, pujian, tos, bintang, lencana, alat tulis, roti, emoji atau stiker. Sedangkan hukuman yang diterapkan pada anak sangat mendidik. Meskipun hukuman tidak disarankan pada anak usia dini, tetapi setidaknya dapat memberikan sebuah perubahan dalam diri anak. Hukuman yang diterapkan seperti teguran halus, tidak memberikan gambar apresiasi, hukuman perbuatan, perkataan, dan isyarat. Hal ini juga memberikan dampak positif seperti (1) Anak merasa dihargai (2) Membangkitkan motivasi anak untuk mencoba (3) Menumbuhkan perasaan berhasil (4) menumbuhkan keberanian tampil di depan umum/kelas (5) Mendorong anak untuk terus berperilaku baik (6) Menumbuhkan rasa ranggung jawab (7) Anak menjadi lebih tertib (8) Meningkatkan efek jera (9) Mendorong refleksi dan perbaikan perilaku (10) Menjadikan anak lebih mandiri.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Anak Bimbingan Belajar Motivasi Belajar |
||||||||||||
Keywords: | Hadiah; hukuman; percaya diri | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD) | ||||||||||||
Depositing User: | Salsa Hilda Kurnia | ||||||||||||
Date Deposited: | 07 Jul 2025 04:01 | ||||||||||||
Last Modified: | 07 Jul 2025 04:01 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/82060 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |