This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Zahroh, Afiyatuz (2025) Sejarah perkembangan lembaga pendidikan di bawah naungan masjid al-Akbar Surabaya tahun 2009-2023. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Afiyatuz Zahroh_03040221081.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
Afiyatuz Zahroh_03040221081_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 7 July 2028. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian yang berjudul “Sejarah Perkembangan Lembaga Pendidikan di Bawah Naungan Masjid Al-Akbar Surabaya Tahun 2009-2023” ini mengungkap tiga pertanyaan penelitian utama: (1) Bagaimana sejarah berdirinya Masjid Al-Akbar Surabaya? (2) Bagaimana perkembangan lembaga pendidikan di bawah naungan masjid Al-Akbar Surabaya? (3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam perkembangan lembaga pendidikan di bawah naungan masjid Al-Akbar Surabaya? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, Penelitian ini menggunakan pendekatan historis dan sosiologis untuk memahami perkembangan suatu fenomena. Pendekatan historis melibatkan pengumpulan, interpretasi, dan penyusunan data secara kronologis dan sistematis, sedangkan pendekatan sosiologis menganalisis pengaruh faktor sosial terhadap sejarah. Metode yang digunakan mencakup heuristik, kritik sumber, interpretasi, dan studi kasus untuk memastikan data akurat dan relevan. Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa: (1) Sejarah berdirinya Masjid Al-Akbar Surabaya dipraaksarai oleh mantan wakil presiden Try Sutrisno pada 1995 dengan tujuan adanya sebuah masjid yang “Representatif” bagi warga Jawa Timur terutama kota Surabaya dengan berkiblat pada masjid Istiqlal di Jakarta, dan diresmikan langsung oleh mantan presiden Abdurrahman Wachid pada tahun 2000 bersamaan dengan gereja Paroki Sakramen Mahakudus tepat di sebelah masjid ini. Sebagaimana gereja Katedra di sebelah masjid Istiqlal. (2) Perkembangan lembaga pendidikan di bawah naungan masjid Al-Akbar Surabaya sudah ada sejak beberapa tahun setelah peresmian masjid Al-Akbar. Dimana awalnya hanya sekadar lembaga non formal, kemudian mendirikan Ma’had Aly di tahun 2009 yang menjadi pacuan awal perkembangan Lembaga Pendidikan formal, mulai dari KBRA, MI, MTS, dan STAI Al-Akbar. Dan tentunya dengan salah satu program paling unggul yang dimiliki, yaiut ICP (International Class Programm) yang bekerja sama langsung dengan “Menteri Assesment” (Cambridge Assesment English/CAE). (3) Faktor pendukung dalam perkembangan Lembaga Pendidikan di masjid ini adalah nama Al-Akbar yang sudah luas dan terkenal, dan hal ini menjadi Privillage tersendiri, dan juga berdekatan dengan kantro PWNU Jatim. Sementara dalam penghambat paling utama adalah letak sekolah dan kampus yang masih berada di basement masjid. Orang-orang tidak akan menyadari jika bukan dari kalangan jama’ah dan orangtua/wali murid disana.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan |
||||||||||||
Keywords: | Perkembangan; lembaga pendidikan; masjid Al-Akbar; ICP. | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Afiyatuz Z UIN Sunan Ampel Surabaya Zahroh | ||||||||||||
Date Deposited: | 07 Jul 2025 02:40 | ||||||||||||
Last Modified: | 07 Jul 2025 02:41 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/82094 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |