This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Khakim, Zainul (2025) Pengaruh media spinning wheel terhadap minat belajar materi tembang macapat siswa kelas V SD Yapita Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Zainul Khakim_06020721068.pdf Download (7MB) |
![]() |
Text
Zainul Khakim_06020721068_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 15 July 2028. Download (7MB) |
Abstract
Minat belajar peserta didik terhadap pembelajaran Bahasa Jawa di kelas V SD Yapita masih tergolong rendah dan menjadi tantangan dalam pencapaian tujuan pembelajaran Hal ini terutama disebabkan oleh kurangnya media yang mampu menarik minat belajar serta keterbatasan variasi dalam metode pengajaran. Pembelajaran yang berlangsung secara monoton membuat siswa mudah merasa bosan, dan kurang aktif berpartisipasi dalam kegiatan belajar. Kondisi tersebut ditunjukkan oleh beberapa gejala, seperti rendahnya partisipasi siswa dalam diskusi kelas, minimnya antusiasme ketika mengerjakan tugas, serta perhatian yang mudah teralihkan selama kegiatan belajar berlangsung. Selain itu, ketidaksesuaian strategi pembelajaran dengan gaya belajar siswa yang beragam-seperti visual, auditori, dan kinestetik semakin memperburuk rendahnya minat belajar. Oleh sebab itu, dibutuhkan inovasi dalam pendekatan pembelajaran yang mencakup penggunaan media interaktif, permainan edukatif berbasis budaya lokal, dan penerapan metode pembelajaran kontekstual. Diharapkan melalui strategi ini, minat belajar siswa dapat meningkat sehingga pembelajaran Bahasa Jawa tidak hanya menjadi kewajiban, tetapi juga pengalaman yang menyenangkan dan bermakna. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Spinning Wheel terhadap minat belajar materi tembang macapat siswa kelas V SD Yapita Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis metode penelitian Quasi Eksperiment dengan desain nonequivalent control group. Penggumpulan data ini menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji-t Independent. Berdasarkan hasil analisis menggunakan uji Independent Sample t-test dengan aplikasi SPSS 26, diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000, yang lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari media pembelajaran Spinning Wheel terhadap minat belajar peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Jawa tembang macapat. Selain itu, hasil uji N-Gain menunjukkan peningkatan minat belajar yang lebih tinggi pada kelas eksperimen dengan rentang skor 58,00 hingga 80,00, dibandingkan kelas kontrol yang hanya berada pada rentang 20,00 hingga 28,00. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran Spinning Wheel dapat meningkatkan minat belajar siswa lebih baik, dibandingkan kelas control yang tidak menggunakan media Spinning Wheel.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Alih Aksara Bimbingan Belajar Kebudayaan Jawa |
||||||||||||
Keywords: | Media permainan roda putar; antusias belajar; Bahasa Jawa | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Zainul Khakim | ||||||||||||
Date Deposited: | 15 Jul 2025 03:12 | ||||||||||||
Last Modified: | 15 Jul 2025 03:12 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/82101 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |