Implementasi pengembangan kecerdasan naturalis melalui metode pembelajaran outing class di RA Darun Najah Sukodono Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Febriyanti, Ananda Rizky (2025) Implementasi pengembangan kecerdasan naturalis melalui metode pembelajaran outing class di RA Darun Najah Sukodono Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ananda Rizky Febriyanti_06040920046.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Ananda Rizky Febriyanti_06040920046_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 July 2028.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan guna mengeksplorasi implementasi pengembangan kecerdasan naturalis melalui metode pembelajaran outing class di RA Darun Najah Sukodono Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yang memungkinkan untuk memperoleh pemahaman yang mendalam tentang pelaksanaan, proses, dan dampak dari metode pembelajaran tersebut. Data dikumpulkan melalui observasi partisipan, wawancara dengan guru, serta analisis dokumen terkait kurikulum dan kegiatan outing class. Temuan penelitian menunjukkan bahwa outing class telah menjadi bagian penting dari pendekatan pembelajaran di RA Darun Najah Sukodono Sidoarjo, dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang alam dan lingkungan sekitar mereka. Guru-guru secara kreatif merancang kegiatan yang melibatkan observasi langsung, eksplorasi alam, dan refleksi untuk mengembangkan kecerdasan naturalis siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa metode pembelajaran outing class telah memberikan pengalaman belajar yang menarik serta bermanfaat bagi siswa, serta membantu mereka membangun hubungan yang lebih dalam dengan alam. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah bahwa outing class dapat menjadi strategi efektif untuk mengembangkan kecerdasan naturalis siswa di RA Darun Najah Sukodono Sidoarjo, dengan memperhatikan kebutuhan dan konteks belajar lokal. Studi ini memberikan wawasan yang berharga bagi praktisi pendidikan dan peneliti yang tertarik dalam mengintegrasikan pendekatan pembelajaran yang berbasis alam dalam kurikulum PAUD.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Febriyanti, Ananda Rizkyanandarfbry@gmail.com06040920046
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWahyuni, Akhtimakhtimwahyuni@yahoo.com2020037303
Thesis advisorAbdillah, HusniAbdillahhusni.ha@gmail.com0724128602
Subjects: Anak
Pendidikan
Keywords: Kecerdasan naturalis; pembelajaran luar kelas; Raudhatul Athfal
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Ananda Samiadi
Date Deposited: 07 Jul 2025 02:55
Last Modified: 07 Jul 2025 02:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/82103

Actions (login required)

View Item View Item